Pesona Air Terjun Dolo, Kediri Jawa Timur

Objek Wisata Air Terjun Dolo. Kali ini aku akan berbag informasi mengenai sebuah objek wisata cantik yang ada di Kabupaten Kediri Jawa Timur. Air Terjun Dolo namanya. Air terjun ini merupakan air terjun terindah dibandingkan dengan air terjun yang ada di sekitarnya yaitu Air Terjun Irenggolo dan Air Terjun Parijoto.

Air Terjun Dolo terletak di dusun Besuki, Desa Jugo, Kecamatan Mojo, Kediri. Letaknya sekitar 25 kilometer dari pusat kota Kediri dan bisa ditempuh selama 45 menit saja. Bila berangkat dari Kota Surabaya, air terjun ini bisa ditempuh selama 3,5 jam dengan jarak tempuh 150 kilometer.

Lokasi air terjun ini berada di daerah pegunungan yaitu di Gunung Besuki (2.850 m) dengan ketinggian 1.800 meter dpl. Karena berada di dataran tinggi, maka pemandangan dan suasana di sekitar air terjun begitu indah dan segar.

wisata air terjun dolo
Air Terjun Dolo
Air Terjun Dolo memiliki beberapa tingkat. Tingkat paling tinggi mencapai 125 meter. Sedangkan tingkatan yang lain hanya 4 meter saja. Meskipun sangat tinggi, debit airnya tidak terlalu besar sehingga pengunjung bisa bermain air dan berenang di kolam penampungan dengan aman.

Namun perlu diingat bahwa suhu air di air terjun ini sangat dingin, sehingga membutuhkan ketahanan tubuh yang prima. Jangankan menceburkan tubuh ke air, berdiri di sekitar air terjun itu saja, suhu udaranya sangat dingin. Jadi jangan lupa membawa pakaian yang agak tebal bila berkunjung ke air terjun Dolo ini. 

air terjun dolo
Anak Tangga
Untuk menuju lokasi Air Terjun Dolo ini memang tidak mudah. Dibutuhkan perjuangan ekstra keras yang menguras tenaga. Dari tempat parkir kendaraan, pengunjung harus berjalan kaki menuruni anak tangga yang berjumlah ratusan buah.

Suara gemuruh air terjun seakan-akan memanggil siapa saja yang mendengarnya. Setelah 15 menit perjalanan menuruni tangga, akhirnya terlihat juga kemegahan air terjun Dolo. Untuk saran, bila mengunjungi air terjun ini lebih baik pada hari biasa, karena pada hari libur, lokasi air terjun ini dipadati oleh pengunjung sehingga kenyamanan akan sedikit berkurang.

air terjun dolo kediri
Indah
Untuk fasilitas sudah ada beberapa kantin atau warung makan dan musholla di sekitar air terjun. Tersedia juga fasilitas berupa jogging track dan hiking area. Disini juga terdapat camping ground untuk pengunjung yang ingin bermalam dengan mendirikan tenda.

Kalau ingin bermalam yang lebih nyaman, pengunjung bisa menginap di beberapa villa yang berada tidak jauh dari lokasi air terjun sekitar 4 kilometer. Bagaimana, ingin menikmati suasana alam di Air Terjun Dolo ini?.

Share :

Facebook Twitter Google+

5 Responses to "Pesona Air Terjun Dolo, Kediri Jawa Timur"

  1. keren air terjunnya,,sayang lokasinya agak susah dijangkau!

    ReplyDelete
  2. @all...terima kasih kunjungannya....

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. air terjun dolo memang menjadi kebanggaan kabupaten kediri.
    saya mengharapkan agar dijaga kelestariannya, serta yang penting adalah pemeliharaan, keamanan pengunjung yang bebas dari pemalak dan kebersihan lingkungan.

    ReplyDelete