Pantai Bama Di Taman Nasional Baluran, Situbondo

8:19 AM
Pantai Bama Di Taman Nasional Baluran. Bila kita berlibur ke pulau Bali melalui jalur darat dari pulau Jawa, kita pasti akan melewati Taman Nasional Baluran ini. Selain dihuni oleh beberapa hewan liar seperti rusa, kijang, kera abu-abu, burung merak, kerbau liar dan ayam hutan, dibalik taman nasional ini juga terdapat objek wisata berupa pantai yang memiliki panorama sangat indah, namanya Pantai Bama.

Berjalan sejauh 3 kilometer dari pos Bekol atau 12 kilometer dari pintu masuk taman nasional Baluran dan melewati jalan berbatu menembus hutan hujan tropis, hamparan pasir putih berselimut laut tenang memanjakan kembali mata dan angan. Begitu juga deretan mangrove berukuran raksasa membentang hijau di sepanjang garis pantai.

Kera-kera Liar
Ekosistem alam yang masih terjaga tersebut merupakan pendukung utama hidupnya terumbu karang di sekitar pantai Bama. Pantai ini memiliki ombak yang cukup tenang sehingga cocok untuk kegiatan snorkeling maupun diving untuk menyaksikan keindahan bawah laut berupa terumbu karang dan ikan-ikan kecil yang menghuninya.

Pantai Bama
Gugusan karang di pantai ini dapat dinikmati dengan menyelam sampai kedalaman cuma 3-5 meter saja. Lokasi menyelamnya pun tidak jauh dari bibir pantai yaitu sekitar 200 - 400 meter. Adanya ekosistem bawah laut ini agaknya menjadi tambahan alternatif bagi penikmat keindahan alam bawah laut. Tak hanya terumbu karangnya yang tersimpan alami, ikan laut yang memiliki ketergantungan pada koral juga terlihat.

Cottage Di Pantai Bama
Setelah puas menikmati keindahan pantai dan wisata bawah lautnya, sobat bisa memanjakan diri dengan fasilitas wisata resort Bama. Selain dua cottage, ada cafetaria, permainan outbound, kano, dan perahu beralas kaca (glass bottom boat). Tak hanya itu, pemandangan matahari terbit yang eksotis menjadi daya tarik Pantai Bama ini.

Jalan Menuju Pantai Bama
Untuk menuju ke Pantai Bama dari Kota Surabaya membutuhkan waktu sekitar 5-6 jam. Dari Surabaya sobat bisa menempuh jalur pantura menuju ke arah Kabupaten Situbondo. Setelah memasuki kawasan Taman Nasional Baluran, sobat bisa menuju Pantai Bama dari pintu masuk dengan menggunakan mobil atau motor dalam waktu 30 menit.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

8 comments

pantainya pasti ademm tuh,, banyak pohon

Balas

Saya ga tau kalau ada pantai seindah itu disana, biasanya lewat baluran malam hari dan itu pun sangat menyeramkan.....

Balas

bener sob, terima kasih kunjungannya...

Balas

benar sob aku juga pernah lewat baluran malam hari, seram banget dan gelap...

Balas

Kalau berwisata ke Baluran masuk taman nasionalnya pake mobil atau jalan kaki bisa? kan hewan2nya liar lepas gitu kan.....

Balas

kalau jalan kaki jauh sob, lebih baik naik mobil atau motor ke pantai bama di taman nasional baluran sob....

Balas

Apa saja yang bisa dikunjungi disana ? kalo dari Sby naik mobil, pasti nginep ..... adakah penginapan yang recomended disana ? sekitar harga brp ya ? rencana maret ada plan kesana .....

Balas

kalo dri bali ke TN Baluran rutenya gimana dan estimasi biayanya gimana??? perlu info.. :)

Balas