Akses Transportasi dan Cara Menuju Pulau Tidung. Di antara pulau-pulau di Kepulauan Seribu, Pulau Tidung merupakan salah satu yang terbesar selain Pulau Panggang, Pulau Pramuka, dan Pulau Bidadari. Luasnya cuma 100 hektar. Panjang pulau ini hanya sekitar 5 kilometer. Pulau tersebut paling tidak dihuni sekitar 4 ribu jiwa.

Pulau yang terkenal akan keindahan bawah lautnya ini, memang menjadi tujuan wisata favorit warga ibukota Jakarta pada saat liburan. Kondisi pulau ini dikelilingi oleh pantai berpasir putih dihiasi oleh rindangnya pohon kelapa. Bila sobat mengunjungi pantai ini, jangan lupa untuk menyewa sepeda angin untuk mengelilingi pulau indah ini, dijamin sangat menyenangkan.

akses transportasi ke pulau tidung
Pulau Tidung
Selain keindahan bawah laut dan panorama pantainya, ciri khas Pulau Tidung lainnya adalah adanya jembatan cinta yang menghubungkan Pulau Tidung dengan Pulau Tidung Kecil. Biasanya jembatan ini digunakan pengunjung untuk melompat ke air laut atau sekadar berfoto-foto.

akses transportasi ke pulau tidung
Kapal Kayu
Letaknya yang terpisah dengan Pulau Jawa, mengharuskan wisatawan menggunakan sarana transportasi laut untuk menuju ke Pulau Tidung. Berikut ini adalah beberapa akses atau transportasi menuju ke Pulau Tidung
  • Dari dermaga Muara Angke terdapat kapal kayu yang berangkat setiap pukul 07.00 pagi. Perjalanan ini bisa ditempuh selama 3 jam dengan ongkos per orang hanya Rp 35 ribu. Dalam satu hari hanya ada satu kapal yang berangkat.
  • Dari dermaga Kali Adem, beberapa meter dari Muara Angke. terdapat KM Kerapu yang melayani rute hingga Pulau Tidung dengan ongkos Rp 32 ribu. Kapal berangkat pukul 07.00 dengan mendaftar terlebih dahulu pukul 06.00. Perjalanan ditempuh selama 2 jam.
  • Dari dermaga Marina Ancol terdapat kapal sejenis speedboat yang menuju Pulau Tidung dengan waktu tempuh hanya 1 jam. Ongkos per orang Rp 250 ribu.
Sedangkan untuk rute baliknya :

  • Setiap pukul 07.00, 10.00, dan 14.00 terdapat rute kembali ke Muara Angke, Kali Adem, atau Marina Ancol. Kapal speedboat bisa on call.
Bagaimana, tertarik untuk berlibur ke Pulau Tidung?. Semoga postingan tentang akses transportasi ke Pulau Tidung ini bisa berguna untuk semua.

Tagged:

Comments
15 Comments

15 comments:

  1. Replies
    1. bener sob, pengen banget kesini....

      Delete
    2. Jematan cinta pulau tidung sudah selesai di perbaiki.
      Sekedar info bagi yang ingin mengunjungi pulau tidung.

      Delete
  2. Bener bgt ulasanya..
    Yuk ke Pulau Tidung temen2? :)

    ReplyDelete
  3. Kereen Bos Pulau Tidungnya.. Love it :)

    ReplyDelete
  4. benar yang di katakan Balibackpacker ...

    ReplyDelete
  5. Pulau Tidung merupakan wisata bahari berbasis penduduk.

    ReplyDelete
  6. Selain melalui Muara Angke dan kali Adem, Pulau tidung dapat di tempuh melalui rawa saban Tangerang.

    ReplyDelete
  7. Pulau tidung adalah salah satu wisata yang ada di kepulauan seribu. Sangat banyak sekali keindahan yang ada disana, seperti jembatan cinta, keindahan dan pesona bawah laut. Selain biaya masuk yang cukup murah keindahan yang akan kita dapatkan disana juga tidak akan kalah menarik dengan tempat wisata di pulau lainnya.

    ReplyDelete
  8. terimakasih buat anda anda semua yang sudah mempromosikan dan mempublikasikan pulau tercinta saya, thaks yah

    ReplyDelete
  9. Mau tanya untuk transportasi ke pulau pramuka dari kali adem sudah beroperasi blom yah? Mohon info nya yah..

    ReplyDelete
  10. Pulau tidung memang mantap, sangat cocok untuk liburan keluarga.

    ReplyDelete
  11. Salah satu lokasi wisata Pnatai yang ada di Jakata.

    ReplyDelete
  12. Jembatan Cinta Sudah Diperbaiki Gan :D ,sekedar buat info saja,yang mau wisata ke pulau tidung bisa mengujungi website kami :)

    ReplyDelete
  13. Jembatan cinta di pulau tidung sudah selesai di perbaiki.
    Sekedar info bagi yang ingin mengunjungi pulau tidung. kami juga menyediakan paket wisata pulau tidung dngan harga murah tentunya... silakan mengunjungi website kami ya :) ... salam sukses dan sejahtera buat pak admin...

    ReplyDelete