Curug Cikaso, Air Terjun Tersembunyi Di Sukabumi

Air Terjun Curug Cikaso, Sukabumi. Di Provinsi Jawa Barat memang kaya objek wisata alam dengan pemandangan yang sangat indah dan menarik seperti pantai, air terjun, pemandian air panas, pegunungan dan  lain-lain. Salah satu jenis tempat wisata alam yang sering dikunjungi oleh para wisatawan adalah air terjun. Di Sukabumi terdapat sebuah air terjun yang tersembunyi di balik lembah, namanya Curug Cikaso.

Curug Cikaso merupakan sebuah objek wisata air terjun yang terletak di kampung Ciniti, Desa Cibitung, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Nama asli air terjun ini sebenarnya adalah Curug Luhur, tapi karena air terjun tersebut mengalir dari anak sungai Cikaso membuat kebanyakan orang menyebutnya Curug Cikaso atau Air Terjun Cikaso.

Curug Cikaso
Bentuk air terjun ini melebar dengan ukuran lebar 100 meter dan memiliki ketinggian sekitar 30 meter. Air terjun Cikaso ini terdiri dari tiga aliran air yang turun ke kolam penampungan dibawahnya dengan warna air yang biru kehijauan. Dua aliran air terjun tersebut sangat jelas terlihat, sedangkan satu aliran lagi agak bersembunyi di balik tebing.

3 Air Terjun 
Ketiga air terjun yang menjadi satu tersebut memiliki nama masing-masing. Sebelah kiri bernama Curug Asepan, tengah bernama Curug Meong, sedangkan yang paling kanan bernama Curug Aki. Ketiga air terjun tersebut membentuk satu kesatuan air terjun Cikaso yang sangat indah.

Untuk fasilitas terdapat beberapa warung makanan dan kios-kios yang menjual souvenir.  Juga terdapat dua buah toilet untuk ganti baju. Tiket masuknya sendiri sangat murah yaitu Rp 2 ribu per orang tapi untuk menuju lokasi air terjun ini yang cukup melelahkan.

Perahu Pengantar
Jarak antara Curug Cikaso sendiri dengan Kota Jakarta cukup jauh sekitar 200 kilometer. Untuk menuju lokasi air terjunnya pun kita harus menaiki perahu karena tidak ada jalan darat yang bisa dilalui. Dari pintu pos menuju lokasi air terjun membutuhkan waktu sekitar 15 menit saja dengan menggunakan perahu. Harga sewa perahu sekitar Rp 80 ribu dan dapat diisi oleh 6-8 orang. Bagaimana, tertarik untuk wisata alam ke Curug Cikaso?.

Share :

Facebook Twitter Google+

14 Responses to "Curug Cikaso, Air Terjun Tersembunyi Di Sukabumi"

  1. waduh, lumayan menguras dompet perjalanannya.

    ReplyDelete
  2. jadi rindu kampung halaman nih.. pengen kesana lagi.. udh lama ga pulkam

    ReplyDelete
  3. wow..indah sekali.
    belum banyak yang tau ya ini?

    ReplyDelete
  4. Negara kita memang sangat indah, sektor pariwisata sangat perlu di gerakkan dan ditingkatkan demi membangun masyarakat indonesia. SALAM kenal mas admin.
    Kunjungi ya : http://sedotwcsurabaya.blogspot.com/2013/02/sedot-wc.html

    ReplyDelete
  5. mantap juga itu, menyimpan keindahan alam yang tak terduga.

    ReplyDelete
  6. kupas tuntas mas admin tentang kindahan alam di indonesia yag tak kalah dengan negara-negara luar. jayalah pariwisata indonesia di mata dunia. sukses gan

    ijin Numpang terkenal: sedotwc-surabaya.com

    ReplyDelete
  7. mau ke tempat ini minggu ini ..

    ada yang bisa nunjukin jalan terangnya ..

    zmz yah wahyu 08997026526

    thank

    ReplyDelete
  8. Baru 2 kali datang,, tapi pengen lagi... :-)

    ReplyDelete
  9. Baru 2 kali datang, tapi pengen lagi,, :-)

    ReplyDelete