Air Terjun Moramo, Terindah Di Indonesia

12:29 AM
Air Terjun Moramo. Bila ada pertanyaan air terjun apa yang terindah di Indonesia?. Mungkin jawaban dari sobat semua berbeda-beda satu dengan yang lainnya, dan tentunya pasti membanggakan air terjun yang ada di daerah sobat masing-masing. Sebelum menjawab coba lihat air terjun yang satu ini, namanya Air Terjun Moramo.

Air Terjun Moramo terletak di Desa Sumberasih, Kecamatan Moramo, Kabupaten Konawe Selatan, Propinsi Sulawesi Tenggara. Bentuk dari air terjun ini berbeda dan cenderung unik daripada air terjun pada umumnya. Air terjun ini memiliki bentuk yang bertingkat-tingkat hingga mencapai 100 meter ketinggiannya. Air terjun Moramo ini memiliki 7 undakan besar dan puluhan undakan kecil yang sangat sedap dipandang mata.

Air Terjun Moramo
Pemandangan batu-batu marmer besar dan pohon-pohon lebat yang tumbuh disekitar air terjun menambah suasana asri dan indahnya air terjun Moramo ini. Disini kita bisa bermain-main air diatas undak-undakan air terjun tanpa takut terpeleset karena batu-batu ini tidak licin sambil ditemani kupu-kupu cantik dan beberapa spesies burung yang hidup di air terjun yang berada di kawasan hutan suaka alam Tanjung Peropa ini.

Air Terjun Terindah Di Indonesia
Sebenarnya Air Terjun Moramo ini ditemukan secara tidak disengaja alias kebetulan. Adalah seorang transmigran asal pulau Jawa yang menemukan air terjun ini saat membabat hutan dalam perburuannya menangkap seekor anoa. Peristiwa itu terjadi sekitar tahun 1980-1982.

Jalan Setapak
Bagi yang memiliki hobi fotografi, air terjun ini merupakan objek pemotretan yang sempurna. Pantulan kehijauan dari aliran air yang turun beraturan di tujuh tingkatnya lalu mengalir ke puluhan tingkatan-tingkatan besar maupun kecil di sepanjang aliran, sungguh menciptakan komposisi yang selalu menarik dan indah dari sudut manapun.

Jembatan Tua
Untuk mencapai lokasi air terjun ini cukup mudah. Dengan menggunakan mobil pribadi atau sewaan, dari Kota Kendari, ibukota Sulawesi Tenggara ke Desa Sumberasih membutuhkan waktu 2,5 jam dengan jarak tempuh sejauh 65 kilometer. Sampai di pintu masuk suaka alam Tanjung Peropa ini, pengunjung harus berjalan kaki sejauh 2 kilometer selama 30 menit. Di sepanjang jalan pengunjung akan melewati sebuah anak tangga dan jembatan kayu yang cukup tua.

Bila sobat berangkat dari luar kota Kendari, naiklah pesawat menuju Bandara Haluoleo di Kendari setelah itu sewalah mobil untuk menuju ke lokasi air terjun dengan biaya Rp 350.000 - Rp 450.000, tergantung pintar-pintarnya sobat bernegosiasi.

Dengan keindahan dan keunikan yang dimilikinya, aku memberanikan diri untuk menjawab pertanyaan diatas bahwa air terjun terindah di Indonesia adalah Air Terjun Moramo di Sulawesi Tenggara.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

4 comments

iya sob, extraordinary waterfall...

Balas

I am so happy to view this amazing post. Thanks...



luxury villa

Balas

Indonesia memang penuh pesona

Balas