Pantai Sorake, Surganya Peselancar Dunia

Ditulis oleh: -
Pantai Sorake. Mungkin sebagian besar dari sobat masih asing mendengar nama pantai ini. Namun bagi penggila olahraga surfing atau selancar air profesional dan kelas dunia, Pantai Sorake ibarat surga yang disediakan oleh Tuhan bagi mereka di bumi ini.

Pantai Sorake terletak di Desa Botohilitano, Kecamatan Teluk Dalam, Kabupaten Nias Selatan, Propinsi Sumatera Utara. Jarak pulau Nias sendiri sekitar 125 kilometer dari Pulau Sumatera. Letaknya memang agak terpencil, namun karena itulah yang membuat pantai ini masih asri dan menjadi favorit para wisatawan khususnya para peselancar.

Surfing di Pantai Sorake
Seperti halnya pantai tetangganya, yaitu pantai Lagundri, Pantai Sorake ini terkenal karena ombaknya  yang besar dan bahkan di kalangan surfer, ombak di pantai ini terbaik setelah pantai di Hawaii. Ketinggian ombak yang mencapai 3 sampai 5 meter, menjadi tantangan tersendiri bagi peselancar. Selain itu, ombak di pantai ini memiliki 5 tingkatan yang tidak dimiliki pantai-pantai di belahan bumi lain.

Ombak Terbaik
Di pantai ini peselancar bisa menaiki ombak sejauh 200 meter, karena karakteristik ombak disini memang panjang dan besar, mungkin karena pantai ini berhadapan langsung dengan Samudera Hindia. Keistimewaan lain di pantai ini adalah ombaknya tidak terpengaruh oleh arah mata angin ataupun pasang surut air laut.

Batu Karang Di Tepi Pantai
Jangan membayangkan bermain pasir putih di pantai ini, karena tepi pantainya berupa batu-batu karang yang bertebaran disana sini. Tapi karena batu-batu karang itulah ombak di pantai Sorake ini begitu besar, karena menurut para ahli, pantai yang tepinya penuh batu karang, ombaknya akan lebih besar dari yang berpasir.

Karena sudah dikenal oleh para peselancar dunia, di Pantai Sorake sering diadakan kompetisi ataupun kejuaraan internasional selancar air, yang diikuti oleh surfer-surfer profesional kelas dunia. Biasanya didominasi oleh peselancar asal Amerika Serikat dan Brazil.

Peta Pulau Nias
Bila ingin berkunjung ke pantai ini, lebih baik pada bulan Juni atau Juli, karena pada bulan-bulan itu, ombak di pantai ini sedang besar-besarnya. Jika ingin berselancar, tidak perlu berenang ke tengah laut dulu, cukup berjalan kaki dipinggir pantai yang penuh batu karang, dan berenang sejauh 2-3 meter ke arah laut, selanjutnya tinggal menunggu gulungan ombak yang datang.

Untuk menuju ke lokasi pantai ini bisa melalui jalur udara menuju Bandara Binaka di Gunung Sitoli, Nias, dilanjutkan perjalanan darat menuju Teluk Dalam yang memerlukan waktu 4 jam. Atau bila menggunakan jalur laut, bisa menggunakan kapal fery dari Kota Sibolga ke dermaga kapal Gunung Sitoli selama kurang lebih 12 jam, dilanjutkan perjalanan darat menuju Teluk Dalam.

6comments :