Pantai Tanjung Bira, Sulawesi Selatan

Pantai Tanjung Bira, Sulawesi Selatan. Indonesia bagian timur memang kaya akan pemandangan alamnya yang indah terutama pemandangan bawah laut dan pantainya. Salah satu yang harus dikunjungi adalah Pantai Tanjung Bira yang terletak di Kecamatan Bonto Bahari, 40 kilometer dari Kabupaten Bulu Kumba atau 200 kilometer dari Kota Makassar, Ibukota Sulawesi Selatan.

Keindahan panorama pantai Tanjung Bira ini laksana kolam yang sangat luas, karena air lautnya begitu jernih dan bersih. Di tepi pantai terhampar butiran pasir putih yang sangat lembut tanpa adanya bebatuan ataupun batu karang. Disini pengunjung bisa bermain diatas pasir bersama keluarga, namun lebih mengasyikkan lagi bila bermain air atau berenang di tepi pantai sambil melihat biota laut yang berada di dasar air seperti kerang, bintang laut, ikan-ikan kecil dan sebagainya.

Pantai Tanjung Bira
Banyak aktivitas yang bisa dilakukan di pantai ini antara lain, bermain bola, volly, berenang, snorkeling, diving, berkeliling pantai dengan menggunakan perahu tradisional atau sekadar berjemur menikmati sinar matahari dan hembusan angin pantai yang sejuk.

Pasir Putih Yang Lembut
Fasilitas di kawasan ini cukup lengkap, seperti toilet, kamar bilas, warung makan, penginapan, resort, dan tempat persewaan peralatan menyelam. Untuk tarif menginap disini berkisar Rp 100.000 sampai Rp 600.000 per malam. Terdapat penginapan yang berdiri diatas tebing karang yang menghadap ke laut, menambah sejuk suasana dan memanjakan tamu untuk menikmati keindahan pantai ini dari tempatnya menginap.

Jalan Menuju Pantai
Di seberang pantai Tanjung Bira terlihat sebuah pulau, yaitu Pulau Kambing. Pulau Kambing memiliki pesona bawah laut yang sangat menakjubkan. Disini terdapat beberapa spot menyelam. Kejernihan dan birunya air laut di Pulau Kambing ini tidak kalah dengan yang ada di Pantai Tanjung Bira. Untuk mencapai Pulau Kambing, pengunjung bisa menyewa kapal dengan tarif Rp 250.000 yang bisa diisi maksimal 10 orang. 

Untuk mencapai lokasi Pantai Tanjung Bira itu sendiri dibutuhkan waktu 3-4 jam perjalanan dari Kota Makassar. Empat kabupaten akan kita lewati untuk menuju ke pantai ini yaitu Gowa, Takalar, Jeneponto, dan Bantaeng. Mendekati lokasi tujuan kita akan menjumpai Bukit "Pua Janggo" dan deretan pohon kelapa sebagai tanda bahwa pantai Tanjung Bira sudah dekat. Tiket masuk ke pantai sebesar Rp 5.000/orang.

Peta
Selain menggunakan kendaraan pribadi, pengunjung bisa juga menggunakan angkutan umum. Dari Kota Makassar menuju Bulu Kumba menggunakan angkutan umum berupa mobil Kijang atau Panther dengan tarif Rp 35.000. Selanjutnya dari Bulu Kumba ke Tanjung Bira menggunakan pete-pete (mikrolet) dengan tarif Rp 8.000 sampai Rp 10.000. Bisa juga dengan menggunakan mobil sewaan dari Makassar dengan tarif Rp 500.000 per hari.


Blog, Updated at: 10:49 AM

6 comments:

  1. Indonesia memiliki banyak tempat objeck wisata yang musti di kenalkan pada dunia luar ... wisatawan yang ke Bali musti diajak ke seluruh indonesia

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju sobat, biar semua orang tahu bahwa Indonesia memang kaya akan objek wisata yang sangat indah...

      Delete
  2. Pantainya indah banget.. suejukk rasanya mata saya ngelihatnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Indonesia emang kaya akan keindahan alamnya gan...

      Delete
  3. Jasa sewa kendaraan untuk drop bira hub kami 085342633633

    ReplyDelete
  4. Mupeng...
    Kalau desa tempat pembuatan Kapal Pinisi itu di sini juga bukan?

    ReplyDelete

Artikel Terbaru

Advertisement

Google+ Followers

Arsip Blog