Air Terjun Sigura-gura, Tertinggi Di Indonesia

Air Terjun Sigura-gura merupakan air terjun tertinggi di Indonesia. Dengan ketinggian 250 meter, air terjun ini mengalahkan air terjun lainnya seperti air terjun Madakaripura yang memiliki tinggi 200 meter atau air terjun Payakumbuh di Sumatera Barat yan memiliki tinggi "hanya" 150 meter.

Air Terjun Sigura-gura terletak di Kabupaten Toba Samosir, sekitar 250 kilometer dari Kota Medan. Karena letaknya yang dekat dengan Danau Toba, maka tak heran jika air terjun ini selalu ramai dikunjungi oleh para pelancong.

Dari kejauhan terlihat, air terjun Sigura-gura seperti air terjun raksasa. Air terjun ini berasal dari Sungai Asahan yang airnya dari Danau Toba. Suara dentuman air yang turun kebawah, masih bisa terdengar dari kejauhan karena ketinggiannya.

Air Terjun Sigura-gura
Air terjun ini dikelilingi tebing-tebing bebatuan yang sangat terjal dan licin. Nuansa hutan rimba yang alami pun akan menyambut sobat ketika memasuki kawasan ini, beberapa pepohonan khas dataran tinggi tampak tumbuh dan menghiasi panorama di sekitar objek wisata air terjun ini.

Tertinggi Di Indonesia
Sobat dapat merasakan kesejukan airnya sambil melepas lelah setelah melalui perjalanan yang cukup panjang dan melelahkan untuk menuju ke objek wisata ini. Atau bagi sobat yang ingin melihat beberapa objek wisata di sekitar Air Terjun Sigura-gura ini, pengunjung pun dapat berjalan untuk menelusurinya, dan tak jauh beberapa meter saja sobat akan disuguhkan oleh panorama Bendungan Sigura-gura yang sangat terkenal itu.

Bendungan Sigura-gura
Memang air terjun Sigura-gura dimanfaatkan oleh pemerintah sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA). Selain berendam dan berbasah-basahan disini, pengunjung juga banyak yang mendirikan tenda untuk berkemah di sekitar air terjun ini.

Aliran sungai di sekitar air terjun Sigura-gura sering dan rutin digunakan sebagai lokasi arung jeram. Bahkan disini juga pernah diadakan kompetisi arung jeram tingkat nasional dan internasional. Ya, aliran sungai di sekitar Air Terjun Sigura-gura ini memang sangat potensial sekali untuk melaksanakan kegiatan ataupun kompetisi Arung Jeram, apalagi alirannya yang sangat deras dapat memacu adrenalin peserta ditengah kekompakan satu tim Arung Jeram.


Blog, Updated at: 11:00 PM

5 comments:

  1. cara menuju kesini dari parapat gimana?

    ReplyDelete
  2. ƍäª nyesal kalau udah nyampe d air terjun nya, cuma jalan nya skrang hancur kali tdk sperti tahun 2011.

    ReplyDelete

Artikel Terbaru

Advertisement

Google+ Followers

Arsip Blog