Danau Toba dan Pulau Samosir, Sumatera Utara

Danau Toba adalah salah satu obyek wisata andalan negeri kita yang terletak di propinsi Sumatera Utara tepatnya 176 km dari kota Medan. Danau Toba beserta pulau Samosirnya memiliki wisata alam, wisata sejarah, wisata spiritual, ataupun wisata arsitektural dan kuliner. Dengan hamparan air danau yang jernih dan pemandangan pegunungan yang hijau itu hanya sebagian kecil hal yang bisa menggambarkan akan keindahan alam danau Toba.

Menurut penelitian, danau Toba terbentuk dari letusan gunung berapi super (gunung toba) yang meletus sekitar 73.000-75.000 tahun yang lalu. Letusan itu menyebabkan kematian jutaan manusia dan kepunahan berbagai spesies di sekitarnya. Letusan itu juga mempengaruhi peradaban dunia dengan terjadinya perubahan cuaca dan mulainya zaman es.

Danau Toba dan Pulau Samosir
Danau Toba bila dilihat lebih mirip dengan laut dikarenakan memiliki panjang 100 kilometer dan lebar 30 kilometer. Kita patut bangga karena danau Toba ini merupakan terbesar di Asia dan yang paling dalam di dunia dengan kedalaman 505 meter. Danau bertipe vulkanik ini merupakan danau terbesar kedua di dunia setelah danau Victoria di Afrika.

Di tengah danau Toba terdapat sebuah pulau vulkanik yaitu pulau Samosir yang berada di ketinggian 1.000 meter dpl. Uniknya lagi di pulau Samosir sendiri terdapat dua danau nan indah yaitu Danau Sidihoni dan Danau Aek Natonang. Bila sobat berwisata kesini, sobat bisa menemukan beberapa air terjun yang mempesona dan juga tempat pemandian air belerang yang berkhasiat dalam penyembuhan berbagai macam penyakit kulit. Daerah sekitar danau Toba memiliki hutan - hutan pinus yang tertata rapi dan asri. Disana sobat juga bisa mengunjungi Tanjung Unta, dinamakan demikian karena daratan tersebut menjorok ke danau dan berbentuk punggung unta. Selain panorama danau dan pulau Samosirnya, sobat bisa menikmati keindahan alam pedesaannya yang masih asri.

Danau Toba memang tempat wisata yang cocok untuk kita melepas lelah dan refreshing karena danau ini terletak pada ketinggian 900 meter dpl maka udaranya sejuk dan segar. Disini sobat bisa menikmati keindahan alamnya dengan berbagai cara seperti mendaki gunung, berenang, perahu layar dan lainnya. Untuk akomodasi sobat tak perlu kuatir karena disini sudah tersedia banyak hotel dan penginapan yang bisa sobat pilih sesuai kantong. 

Air Terjun Sipiso-piso
Sebagai saran bila sobat ingin berwisata kesini, lebih baik singgah ke kota Parapat. Di kota ini sobat bisa melihat keindahan danau Toba dengan lebih jelas. Kota Parapat juga merupakan kota pariwisata di Sumatera Utara. Dan dari kota Parapat menuju obyek wisata danau Toba juga lebih mudah. Untuk menuju ke pulau Samosir dari kota Parapat sobat bisa naik kapal ferry dengan ongkos Rp 7.000 per orang. Semoga liburan sobat menyenangkan.
3 Komentar untuk "Danau Toba dan Pulau Samosir, Sumatera Utara"

Salam kenal dengan Wisata Banyuwangi gan ..

Informasinya sangat menarik. Nice info. Thx :)

artikel dan foto-fotonya keren keren boss.. Terimakasih infonya

Back To Top