Keindahan Bawah Laut Taman Nasional Bunaken

Taman Nasional Bunaken ini terletak di kota Manado propinsi Sulawesi Utara. Taman nasional sekaligus obyek wisata ini sudah sangat dikenal di seluruh dunia akan keindahan bawah lautnya seperti terumbu karang dan berbagai spesies ikannya. Maka tak salah bila T.N Bunaken ini menjadi ikon pariwisata kota Manado dan propinsi Sulawesi Utara.

Di bawah hamparan laut indah seluas 890,65 kilometer persegi di bawah teluk Manado ini kita bisa menjumpai keindahan ciptaan Tuhan yang patut kita jaga kelestariannya. Aneka terumbu karang berwarna - warni, ratusan spesies ikan dan biota laut lainnya membuat kegiatan menyelam kita begitu sempurna seakan kita enggan untuk kembali ke daratan. Taman nasional ini berjarak 75 mil laut dari pantai Manado dan lokasi menyelam sendiri bisa ditempuh selama 35 menit dengan perahu motor.

Taman nasional ini didirikan pada tahun 1991 dan merupakan salah satu taman laut pertama di dunia dan sepatutnya kita bangga akan hal itu dengan menjaga dan melestarikannya. Pada tahun 2005 Bunaken menjadi situs warisan dunia setelah di daftarkan oleh pemerintah Indonesia di UNESCO

Dari tahun ke tahun tingkat kunjungan ke taman nasional ini selalu meningkat bahkan pemerintah propinsi Sulawesi Utara sendiri berani menargetkan sebanyak 100 ribu wisatawan asing yang berlibur ke Bunaken.

Di taman nasional tersebut terdapat beberapa titik menyelam yang kesemuanya menyajikan pemandangan yang luar biasa indah. Disana juga menyediakan perlengkapan menyelam untuk disewa dengan harga sekitar Rp 100.000 per hari. Menyelam bukan satu - satunya wisata yang bisa sobat nikmati disana. Ada cara lain untuk menikmati pemandangan bawah laut selain menyelam yaitu kapal semi selam. Di kapal ini menyediakan dinding - dinding kaca sehingga sobat bisa melihat apa yang ada di dalam air laut.

Bila itu belum juga memuaskan, sobat bisa memilih untuk menyewa kapal yaitu kapal Pasar Beserhati yang tarifnya sekitar Rp 300 ribu - Rp 400.000 atau kapal Marina dengan tarif Rp 600 ribu - Rp 800 ribu. Atau bila itu masih kemahalan sobat bisa bergabung dengan wisatawan lainnya dengan tarif Rp 50.000 per orang namun untuk keberangkatan harus menunggu penuh dulu. Selamat berlibur.
2 Komentar untuk "Keindahan Bawah Laut Taman Nasional Bunaken"

waw keren,,
jadi pengen liburan,,hehe
mantap sob infonya,,

iya sob.... apalagi mau libur lebaran....jadi pengen happy-happy....

Back To Top