Pantai Batakan terletak di propinsi Kalimantan Selatan tepatnya di Desa Batakan kecamatan Panyipatan, kabupaten Tanah Laut (Tala). Pantai Batakan ini berada 125 kilometer arah timur dari kota Banjarmasin ibukota propinsi Kalimantan Selatan. Memang negara kita Indonesia adalah surganya wisata bahari dunia, hampir di setiap jengkal pulau terdapat pantai - pantai yang indah yang bisa dijadikan tempat untuk menenangkan pikiran dan bersuka ria.

Bagi warga di luar pulau Kalimantan sendiri, nama pantai Batakan mungkin kurang familiar dibanding pantai Kuta di Bali, pantai Gili Trawangan atau pantai lainnya. Sebenarnya pantai ini kurang terekspos oleh media meskipun begitu untuk keindahan alamnya tak kalah dengan pantai lainnya di Indonesia. Pantai ini menyajikan hamparan pasir putih dan coklat terang yang luas hingga membuat sobat bisa melakukan kegiatan apapun disana seperti bermain voli, bermain sepak bola, bermain istana pasir, berenang dan sebagainya.

Pantai Batakan
Ombak di pantai Batakan ini relatif kecil sehingga membuat sobat yang hobi berenang di pantai tidak kuatir apalagi bila sobat mengajak si buah hati berenang disana.Selain menikmati pantai ini dengan berbagai kegiatan tersebut, sobat bisa menikmati sunset atau matahari terbenam disana.

Selain pantainya yang indah sobat juga akan disuguhkan panorama perbukitan pinus yang merupakan bagian dari pegunungan Meratus. Sebelum mencapai pantai Batakan sobat akan dimanjakan pula dengan pemandangan persawahan di sepanjang jalan menuju pantai ini. 

Persawahan di Batakan
Untuk fasilitas di pantai ini juga cukup lengkap. Sudah terdapat restoran, penginapan, cottage, masjid, playground, kamar mandi di pantai untuk berbilas dan area parkir kendaraan yang cukup luas. Disini sobat juga bisa menunggang kuda dengan ongkos sewa sebesar Rp 10.000 per orang atau naik andong rame-rame dengan harga 5.000 rupiah per orang. Bila sobat ingin mengelilingi seputaran pantai lebih dekat lagi, sobat bisa menyewa perahu motor yang ada di pantai ini. Bagi yang hobi memancing jangan kuatir, di pantai ini juga ada spot-spot khusus untuk memancing.

Main bola di pantai Batakan
Selain wisata alam, disini sobat bisa mengunjungi pulau Datu untuk menikmati wisata religi karena disini terdapat banyak makam ulama yang juga wali Allah. Nama Datu sendiri diambil dari nama wali Allah yang dimakamkan disana yaitu Datu Pamulutan yang merupakan salah satu penyebar agama islam di pulau Kalimantan.

Tagged:

Comments
1 Comments

1 comment: