Teks Sumpah Pemuda Yang Benar

Teks atau Naskah Sumpah Pemuda Yang Benar. Postingan saya kali ini sebenarnya tidak ada hubungannya dengan wisata atau budaya Indonesia, namun masih berhubungan dengan negara kita Indonesia. Ya, Sumpah Pemuda, tepat hari ini 28 Oktober 2012 kita memperingati 84 tahun Sumpah Pemuda. Namun akhir-akhir ini banyak pemuda yang tidak tahu teks sumpah pemuda yang benar.

Bahkan hari ini di acara salah satu stasiun tv nasional, pembawa acaranya membaca teks sumpah pemuda namun sayangnya yang dibaca salah. Tahun lalu pun ada di suatu daerah yang memperingati Sumpah Pemuda dan telah mencetak teksnya berupa spanduk yang sangat besar, namun lagi-lagi yang dicetak salah. Kesalahan sering kali di kalimat pertama dan ketiga.

Sumpah Pemuda
Contohnya kalimat pertama yang salah : "Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertanah air satu, tanah air Indonesia". Padahal yang benar adalah "Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia".

Satu lagi contoh kalimat ketiga yang salah : "Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbahasa satu, bahasa Indonesia". Padahal yang benar adalah "Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

Berikut Teks Sumpah Pemuda yang benar dengan ejaan baru :
  • Kami Putra dan Putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia.
  • Kami Putra dan Putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.
  • Kami Putra dan Putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, Bahasa Indonesia.
Rumusan asli teks ini dituls oleh Muhammad Yamin. Untuk teks yang asli menggunakan ejaan lama yaitu untuk huruf "U" masih menggunakan "OE", untuk huruf "J" menggunakan "DJ", sedangkan untuk huruf "Y" menggunakan huruf "J". Semoga kedepannya, semua warga negara Indonesia minimal hafal akan teks sumpah pemuda yang benar.


Blog, Updated at: 9:30 AM

12 comments:

  1. Replies
    1. sekadar berbagi aja sob, trims kunjungannya...

      Delete
  2. Terus terang Bang, aku juga sebenarnya agak lupa (salah kata) dalam melafalkan naskah sumpah pemuda ini. Terima kasih sudah mengingatkan ya Bang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan, sekedar mengingatkan saja, trims kunjungannya sob....

      Delete
  3. silahkan gan saya dukung dah buat daftar idBlognetwork

    nih mail rekomendasi saya : maubisnisku@gmail.com

    www.andisyam.web.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih banyak gan, sukses selalu ......

      Delete
  4. terima kasih infonya gan, memang benar itu...

    ReplyDelete
  5. Sering salah di kata "mengaku bertumpah darah yang satu" sering di ucapkan "mengaku bertumpah darah satu".

    ReplyDelete
  6. Semangat sumpah pemuda, Sebentar lagi tanggal 28 Oktober, hari senin gan, saya disuruh menjadi pembina upacara,,, wuduh berat juga... Minta do'anya supaya lancar...
    Bener Menurut mas/mbak mas makna sehat sering salah saat mengucap "mengaku bertumpah darah yang satu", namun sekarang jangankan salah sedikit, malahan banyak yang tidak hafal dan kebolak balik membacanya... Apalagi anak muda jaman sekarang yang sudah mulai Luntur jiwa Nasionalismenya... Semoga Indonesia Lebih Maju lagi gan...

    ReplyDelete
  7. °•.¸¸♒ t®¥må(*)k姥h♒¸¸.•°. Sudah mengingatkan kembali,,,

    ReplyDelete

Artikel Terbaru

Advertisement

Google+ Followers

Arsip Blog