Tingginya Air Terjun Sedudo, Nganjuk

Tingginya Air Terjun Sedudo, Nganjuk

Objek Wisata Air Terjun Sedudo sudah sangat terkenal di kalangan masyarakat Jawa Timur. Air terjun yang berada di lereng Gunung Wilis ini terletak di Desa Ngliman, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Nganjuk, Propinsi Jawa Timur. Air terjun Sedudo berada pada ketinggian 1.438 meter dpl dan tinggi air terjunnya sendiri 105 meter. Tinggi banget ya....

Air terjun Sedudo ini merupakan objek wisata andalan dan ikon wisata dari Kabupaten Nganjuk. Maka tak heran kawasan wisata ini terpelihara dengan baik, keindahan, kebersihan maupun fasilitasnya.

Air Terjun Sedudo
Pemandangan di objek wisata ini sangatlah memanjakan mata. Derasnya air yang meluncur dari atas, dipadu suara gemuruhnya, ditambah udara sejuk khas nuansa pegunungan, membuat objek wisata ini sempurna untuk dinikmati bersama keluarga ataupun kekasih saat liburan atau akhir pekan.

Penuh Pengunjung
Disekitar air terjun ditumbuhi beberapa pohon yang tidak begitu lebat. Di dinding tebig ditumbuhi beberapa tanaman liar, yang seakan menempel tidak mau lepas. Di bawah air terjun terdapat sebuah kolam yang banyak digunakan oleh pengunjung untuk berendam dan berenang. 

Pintu Masuk
Konon air di kolam yang jatuh dari atas tersebut berkhasiat menyembuhkan penyakit, membuat awet muda bahkan membuat orang yang mandi di kolam ini naik pangkat. Menurut pengelola air terjun ini, banyak pejabat propinsi maupun pejabat negara yang mandi di kolam air terjun ini pada tengah malam untuk mendapat berkah dan kenaikan pangkat.

Upacara Ritual
Pada bulan Suro menurut penanggalan Jawa, air terjun ini dipadati oleh ribuan pengunjung. Karena pada waktu  itu dilakukan upacara ritual, yaitu memandikan arca dalam upacara Pama Prahista, yang kemudian sisa airnya dipercikan untuk keluarga agar mendapat berkah keselamatan dan awet muda.

Untuk menuju ke lokasi air terjun ini cukup mudah, menempuh perjalanan selama 45 menit dari Kota Nganjuk, kita sudah sampai ke lokasi air terjun ini karena jaraknya hanya 30 km dari Kota Nganjuk. Tiket masuknya hanya Rp 2.500/orang. Untuk menginap pengunjung tidak usah kuatir. Pengunjung bisa menginap di hotel-hotel maupun di rumah-rumah warga yang dibuat sedemikian rupa sehingga bisa disewa oleh pengunjung untuk bermalam.




4 comments:

  1. saya dari nganjuk..tapi sekarang tinggal di bogor, belum pernah lihat air terjun sedudo cuma pernah kesana sekali hanya sampai pasarnya untuk beli durian ..enak lho. Insyaallah kalo mudik n liburan pingin lihat n merasakan sendiri dinginnya air sedudo. mks infonya ya. salam.

    ReplyDelete

Contact Us

Name

Email *

Message *

Arsip Blog