Air Terjun Temurun, Kepulauan Riau

Air Terjun Temurun, Kepulauan Riau

Air Terjun Temurun atau Temburun merupakan air terjun yang unik yang terletak di Desa Batu Belah, Pulau Siantan, sebelah timur kota Tarempa, Kabupaten Anambas, Propinsi Kepulauan Riau. Nama air terjun ini sama persis dengan nama air terjun di negeri jiran Malaysia.

Air Terjun Temurun merupakan salah satu objek wisata favorit di Kabupaten Anambas selain Pulau Temawan, Pantai Padangan Melang, Pantai Pasir Manang dan Pulau Durai serta lokasi-lokasi tak bernama lainnya yang memiliki panorama alam yang benar-benar alami.

Membelah Bukit
Dikatakan unik karena air terjun ini memiliki 7 tingkatan yang bermuara pada Selat Peniting. Di muara itu terdapat ekosistem mangrove yang sebagian besar terdiri dari bakau (Rizophora), dengan substrat lumpur. Air terjun ini berasal dari sungai Baruk yang berada pada ketinggian 250 meter dpl. Air terjun ini sendiri memiliki ketinggian 100 meter dari tingkat paling bawah ke tingkat paling atas.

Pemandangan Indah
Dari kejauhan terlihat seakan - akan air terjun ini membelah hutan di perbukitan Pulau Siantan tersebut. Debit air di air terjun Temurun ini tidak pernah berkurang meskipun pada waktu musim kemarau.

Air Terjun Temurun
Untuk menuju ke lokasi air terjun ini memang gampang - gampang susah. Dari ibukota Kecamatan Siantan kita harus naik pompong, yaitu sejenis perahu tradisional daerah setempat selama kurang lebih 30 menit. Setelah sampai di Pulau Siantan kita harus berjalan kaki sejauh 200 meter. Untuk mencapai tingkatan ketiga kita harus berjalan kaki lagi sejauh 200 meter lagi.

Tujuh Tingkat
Kondisi di sekitar air terjun masih asri dan alami. Belum ada fasilitas umum di sana seperti toilet, warung makanan ataupun lainnya. Namun pemandangan air terjun ini begitu indah. Dari tingkat ke tujuh kita bisa melihat panorama laut yang sangat jelas dan luar biasa.




No comments:

Contact Us

Name

Email *

Message *

Arsip Blog