5 Wisata Pantai Di Malang Yang Wajib Dikunjungi

Ditulis oleh: -
Daftar Nama Pantai Di Malang. Malang merupakan salah satu kota wisata di Jawa Timur yang paling Populer. Mayoritas penduduk Jawa Timur menghabiskan liburannya ke kota maupun kabupaten Malang, baik di tempat-tempat rekreasi seperti Jatim Park 1 dan Jatim Park 2, Sengkaling, Batu Night Spectacular atau di lokasi wisata alam seperti pantai dan air terjun.

Kali ini Bali Backpacker akan membahas beberapa objek wisata pantai di kabupaten Malang yang wajib dikunjungi. Malang memang berada di dataran tinggi, namun hal itu tidak membuat kota ini tak memiliki objek wisata berupa pantai yang cantik. Tercatat ada beberapa nama pantai yang selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai daerah di Jawa Timur.



wisata pantai di malang
Pantai Balekambang
Pantai Balekambang terletak di pesisir selatan kabupaten Malang. Pantai ini merupakan paling terkenal di Malang. Bila dari pusat kota Malang, Pantai Balekambang bisa ditempuh selama 1 - 1,5 jam perjalanan. Pantai ini memiliki pasir pantai yang putih bersih yang membentang sejauh 2 kilometer.

Yang unik di pantai ini adalah adanya sebuah pura yang berada di atas batu karang di seberang pantai yang dihubungkan oleh sebuah jembatan yang panjangnya sekitar 100 meter. Di pura ini rutin diadakan upacara adat pada tiap tahunnya.

2. Pantai Ngliyep

daftar pantai di malang
Pantai Ngliyep
Pantai Ngliyep terletak di Desa Kedungsalam, Kecamatan Donomulyo, sekitar 62 kilometer dari kota Malang. Letaknya tak terlalu jauh dengan Pantai Balekambang. Pantai ini memiliki pasir pantai berwarna putih kecoklatan dan ombak yang cukup besar. Jadi bila berenang di pantai ini harap berhati-hati.

Untuk masuk di lokasi pantai, pengunjung dikenakan tarif sebesar Rp 5 ribu per orang. Jika berlibur ke pantai ini lebih baik pada siang atau sore hari karena pemandangan sunset atau matahari terbenamnya sangat indah.

3. Pantai Sendang Biru

daftar nama pantai di malang
Pantai Sendang Biru
Pantai Sendang Biru terletak di Desa Sumber Agung, Kecamatan Sumber Manjing, Kabupaten Malang. Pantai ini bisa ditempuh selama kurang lebih 2 jam perjalanan dari Kota Malang. Perjalanan menuju pantai ini  lumayan menguras tenaga karena jalur yang dilalui harus melewati perbukitan yang berkelok-kelok dan terjal.

Tiket masuk ke pantai ini sebesar Rp 6 ribu per orang. Ciri khas dari Pantai Sendang Biru ini adalah adanya deretan perahu nelayan yang sedang bersandar di tepi pantai. Di sekitar pantai juga terdapat tempat pelelangan ikan dengan harga yang pastinya lebih murah dari harga di pasar.

4. Pantai Segara Anakan, Pulau Sempu

wisata pantai di malang
Pantai Segara Anakan, Pulau Sempu
Pantai ini letaknya terpisah dari Pulau Jawa. Pantai Segara Anakan merupakan pantai indah yang dikelilingi oleh perbukitan dan batu karang yang berada di Pulau Sempu. Pulau Sempu sendiri letaknya persis di seberang Pantai Sendang Biru.

Untuk menuju ke Pantai Segara Anakan, kita harus menyeberang melalui pantai Sendang Biru menggunakan perahu nelayan selama 15 menit. Setelah itu perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki menembus hutan selama 1 jam. Ongkos untuk menyeberang Rp 100 ribu per perahu yang bisa diisi maksimal 10 orang.

Pantai Segara Anakan di Pulau Sempu ini memiliki keindahan alam yang tiada duanya. Menurutku ini adalah pantai terindah yang pernah aku singgahi. Berbeda dengan pantai pada umumnya dengan pemandangan laut lepas, Pantai Segara Anakan ini terpisah dengan laut, dengan pasir pantai yang putih, bersih dan sangat terang.

5. Pantai Goa Cina

wisata pantai di malang
Pantai Goa Cina
Nama pantai ini mungkin terasa asing di telinga. Pantai Goa Cina terletak tidak jauh dari Pantai Sendang Biru. Bila kita menuju ke pantai Sendang Biru, di pertigaan terakhir, bila lurus ke arah Sendang Biru, dan kalau belok kanan itulah arah menuju Pantai Goa Cina.

Dinamakan Pantai Goa Cina karena terdapat sebuah goa yang berada di sebuah bukit di sekitar pantai tersebut yang konon goa itu dijadikan tempat persembunyian sepasang suami istri dari Cina.

Di seberang pantai terdapat batu-batu karang besar yang berdiri kokoh seperti menghiasi bibir pantai yang begitu indah. Pasir pantainya yang putih bersih berpadu dengan deburan ombak yang cukup besar membuat liburan sobat di pantai yang masih perawan ini semakin indah.

26comments :

  1. pantai di malang ternyata indah banget ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sob apalagi yang namanya pantai segara anakan di pulau sempu, mantap...terima kasih sudah membaca wisata pantai di malang yang wajib dikunjungi...

      Delete
  2. Wah aku baru tahu ternyata di malang ada tempat wisata seindah itu apalagi pantai segara anaknya yang sangat elok dan memukau mata,
    Niche blog, mampir sinijugayah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener sob gak bakalan rugi kalo ke pantai segara anakan di pulau sempu ini...

      Delete
  3. Haduh indah bener nich pantai..
    .gan saya sudah follow blog agan kalau agan berkenan follow balik yah?

    ReplyDelete
  4. jadi pengen ke malang nih, kapan yah....

    ReplyDelete
  5. pantai sendang biru asik boss
    sewa perahu, mancing, bakar ikan di pantai
    Sedaaapppp.....

    ReplyDelete
  6. cuma mau nambahin pantai bajul mati juga ga kalah keren gan. CMIIW

    ReplyDelete
  7. goa cina dah pernah,
    penasaran sm Sempu :D

    ReplyDelete
  8. Waaah,kalo lagi galau enak tuh ke pantai" tuch,,,sekalian bunuh diri gitu( wkwkwkwk)

    ReplyDelete
  9. 1 lagi ada Pantai Bajol mati gak kalah indahx..

    ReplyDelete
  10. just share aja,, klo mau ke segoro anakan jangan pas hari libur,, wah rame banget, + banyak sampah-sampah bekas orang tidak gak bertanggung jawab,jadi kesannya bagi yg pertama kesana jadi kecewa, klo bisa pas hari senin ato rabu,, pasti ente,, termangu2 liat eksotisnya segoro anakan,,,
    coz temen2 kemaren 25 Mei 13 baru aja kesana,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. gue aja 1 mgg broo.............

      mulai tgl 3-10 nov 2013..............

      gila pantai bangus bngt....sampai' kerasan disana.........
      wkwkwkwkwkwkk.........
      pokok gak kalah abis dechh segara anakan

      Delete
    2. jangan kuartir kalau pake spd motor ada pakirannya 24 jam

      gue aja di sana 1 mgg,baru aja plg sabtu kmrn 09 Nov 2013

      pantai bnran keren abis,sampai" betah disana.......


      ok ,kapan" gue balik lg ke sana broo.............

      N jng lupa bawa air secukupnya...........

      di jamin 100 % puas abis dech.....

      Delete
  11. Kalau pkeg sepeda motor, motornya gimana ya gan???

    ReplyDelete
  12. Kalau pakeg sepeda motor, motorx gmn gan???

    ReplyDelete
  13. Kalau yg makeg sepeda motor, motornya gmn gan??

    ReplyDelete
  14. rencana liburan tahun baru boleh juga di jajal

    ReplyDelete
  15. rencana libur tahun baru boleh juga di jajal

    ReplyDelete
  16. prepare liburan ke pantai gan :) jangan sampe ada yang ketinggalan :D

    ReplyDelete
  17. pantainya sangat indah sekali pengen aja cepet liburan ke situ! terimakasih atas informasinya

    ReplyDelete