Pantai Sendang Biru merupakan salah satu pantai indah yang ada di Kabupaten Malang. Waktu aku sedang berlibur ke Pulau Sempu, aku sempatkan beristirahat di pantai yang penuh dengan perahu nelayan ini. pantai ini terletak di Desa Sumber Agung, Kecamatan Sumbermanjing, Malang, Jawa Timur. 

Memasuki pantai Sendang Biru ini, aku harus membayar tiket masuk sebesar Rp 13.000 untuk 2 orang. Setelah masuk, motor langsung aku parkir di lokasi parkir yang berada tepat di depan pantai dengan ongkos parkir 3 ribu rupiah, bila sobat ingin menginap atau berkemah di Pulau Sempu, penitipan motor untuk menginap pun disediakan.

Pantai Sendang Biru
Keluar dari tempat parkir, terlihat jelas warna air laut yang begitu biru, sesuai dengan namanya Sendang Biru. Di tepi pantai berjejer perahu atau kapal-kapal nelayan yang sedang bersandar. Perahu-perahu ini adalah yang berupa kapal nelayan untuk melaut atau mencari ikan dan ada juga kapal yang melayani penyeberangan dari Pantai Sendang Biru ke Pantai Semut di Pulau Sempu dengan biaya Rp 100.000.

Area Parkir
Pantai ini memiliki pasir yang berwarna putih, namun sayang masih banyak sampah berupa botol-botol plastik, kantong kresek yang berceceran dimana-mana. Untuk fasilitas penunjang seperti toilet, musholla, warung makan, toko -toko kecil sudah ada, mungkin yang kurang atau belum ada adalah sarana permainan untuk anak-anak.

Sekitar Pantai
Di sebelah selatan pantai terdapat tempat pelelangan ikan hasil tangkapan nelayan setempat. Ikan-ikannya begitu segar dan besar-besar seperti ikan tongkol, tuna dan lain-lain, sayangnya saya tidak sempat mengabadikan dalam kamera hp karena waktu itu hp saya lagi drop baterainya.

Ruang Kosong
Sebagai pintu masuk ke Pulau Sempu, seharusnya Pantai Sendang Biru ini bisa dikelola lebih maksimal lagi, seperti kebersihannya dijaga dengan penambahan tempat - tempat sampah dibeberapa titik, dibuatkan tempat permainan untuk anak-anak, dan lain sebagainya. Karena pada dasarnya pantai ini memiliki keindahan alam yang tidak diragukan lagi, air lautnya yang biru, pasir pantainya yang putih dan pemandangan Pulau Sempu diseberang pantai membuat pantai ini sangat cocok untuk liburan bersama keluarga.

Jarak tempuh Pantai Sendang Biru dari Kota Surabaya sekitar 4 jam, dengan melewati perbukitan naik turun dan berkelok-kelok, dengan tikungan yang sangat tajam. Dibutuhkan stamina kendaraan dan pengendara yang fit untuk melewati perbukitan ini. 

Tagged: ,

Comments
18 Comments

18 comments:

  1. met mlm genk.. wah asik jga'y Ke Pulau Sempu

    ReplyDelete
  2. datang berkunjung sambil baca-baca info wisata disini

    http://www.andisyam.web.id/2012/11/free-web-submission.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. trima kasih atas kunjungannya sobat....

      Delete
  3. dulu ketika zaman kuliah, saya sempat berencana ke pulau sempu, namun sayang sekali tidak dapat terwujud.. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya sekarang diwujudkan aja gan, gak akan rugi kok...

      Delete
  4. persoalan klasik pantai kita selalu sampah.
    mantep info wisatanya kang, mau follow..eh udah follow rupanya...di g+ kan deh.
    sip!!
    salam sehat selalu dan sukses

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan perlu kesadaran dari pengunjung untuk mengatasi masalah sampah ini...

      Delete
  5. Replies
    1. sangat seru gan, bila ingin berwisata sekaligus berpetualang, disini tempatnya...

      Delete
  6. Menarik tuh bang...jd pengen ke sana...indah keliatan nya suasana pantai... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sangat indah bang budi, aku aja pengen kesana lagi dalam waktu dekat, tapi rencananya sih berkemah....

      Delete
  7. wah indah banget gan pantainya
    makasih infonya

    ReplyDelete
  8. saya belum pnah ksna,rencana senin depan OTW ksna ne....

    ReplyDelete
  9. Thank you, that's very interesting information. I need to share with my friends.

    ReplyDelete
  10. tempatnya memang keren, apalagi pulau sempunya. Bagus Sekali cocok Buat yg mw camp.. masih alami...
    jgn lupa kunjungi blog q juga
    http://mukhlisahendriastuti.blogspot.com/

    ReplyDelete