Objek Wisata Di Makassar Dan Sulawesi Selatan

Objek Wisata Di Makassar Dan Sulawesi Selatan. Makassar atau yang dulu bernama Ujung Pandang merupakan sebuah kota besar di Indonesia bagian timur. Di kota Makassar atau Propinsi Sulawesi Selatan terdapat banyak sekali objek wisata menarik yang wajib dikunjungi.

Objek wisata di Makassar semakin lengkap dengan hadirnya wahana Trans Studio Makassar yang telah dibuka pada beberapa waktu yang lalu. Selain taman rekreasi tersebut, Makassar dan Sulawesi Selatan pada umumnya memiliki beberapa objek wisata alam yang sangat menakjubkan dan sangat sayang untuk dilewatkan. Berikut objek wisata di Makassar dan Sulawesi Selatan :


objek wisata di makassar sulawesi selatan
Pantai Losari
Pantai Losari merupakan ikon wisata di Kota Makassar. Letaknya yang strategis dan dekat dengan pusat kota membuat pantai ini selalu ramai dikunjungi apalagi saat sore hari. Yang unik di pantai ini adalah jejeran warung sepanjang 1 kilometer yang berdiri rapi di tepi pantai. 

Tidak seperti pantai pada umumnya yang berpasir putih, di sepanjang pinggir pantai Losari dibangun tanggul untuk menahan ombak.

2. Pantai Tanjung Bira

tempat wisata di makassar
Pantai Tanjung Bira
Pantai Tanjung Bira terletak 200 kilometer dari Kota Makassar, tepatnya di Kecamatan Bonto Bahari. Pantai ini memiliki keindahan yang tiada duanya. Pasir pantai putih bersih dipadu dengan air laut yang sangat jernih membuat kegiatan snorkeling dan diving sobat begitu menyenangkan.

3. Air Terjun Bantimurung

objek wisata di sulawesi selatan
Air Terjun Bantimurung
Air Terjun Bantimurung berada di kawasan Taman Nasional Bantimurung yang terletak di Kecamatan Bantimurung, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan. Jarak dari kota Makassar sekitar 50 kilometer dan bisa ditempuh selama 1 jam perjalanan.

Air terjun ini memiliki tinggi 15 meter dengan bentuk air terjun seperti aliran air bukan seperti pancuran. Bila beruntung pengunjung akan menemukan banyak sekali spesies kupu-kupu yang memang berhabitat di kawasan air terjun ini.

4. Danau Matano

objek wisata di makassar
Danau Matano
Danau Matano merupakan danau terdalam di Indonesia. Kedalamannya mencapai 600 meter lebih. Danau ini terletak di Kecamatan Nuha, Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan. Air danau ini begitu jernih dan yang menarik di danau ini terdapat goa bawah air yang bernama goa Tengkorak.

5. Benteng Somba Opu

objek wisata di makassar
Dinding Benteng Somba Opu
Benteng Somba Opu dibangun pada tahun 1525 oleh Sultan Gowa ke IX. Benteng ini merupakan pusat perdagangan dan pelabuhan rempah-rempah yang selalu ramai dikunjungi oleh pedagang dari Asia dan Eropa. Pada tahun 1669, benteng ini dikuasai oleh VOC kemudian dihancurkan hingga terendam oleh ombak pasang. Tahun 1980an, benteng ini ditemukan kembali oleh beberapa ilmuawan.

Dan pada 1990, benteng ini direnovasi sehingga tampak lebih baik. Kini, Benteng Somba Opu menjadi sebuah objek wisata bersejarah di Kota Makassar yang di dalamnya terdapat beberapa bangunan rumah adat Sulawesi Selatan yang mewakili suku Bugis, Makassar, Mandar, dan Toraja.

Selain 5 objek wisata tersebut terdapat beberapa objek wisata lainnya seperti Danau Tempe, Danau Towuti, Taman Nasional Takabonerate, Gedung Fort Rotterdam, Trans Studio Makassar, dan masih banyak lainnya.

Share :

Facebook Twitter Google+

9 Responses to "Objek Wisata Di Makassar Dan Sulawesi Selatan"

  1. melihat dari ulasan dan gambarnya pantai tanjung bira tuh kayaknya sangat menggoda jadi kepengen nyobain ke sana. terimakasih untuk ulasannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener sob, tanjung bira memang pantai yang sangat indah, terima kasih sudah mampir di postingan objek wisata di makassar dan sulawesi selatan ini....

      Delete
  2. wah ...
    Pantai Tanjung Bira Kereeen....
    Kapan ya bisa kesana :P

    ane cuma pernah denger tentang benteng somba opu...
    Itupun cuma denger cerita orang :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. makassar memang memiliki banyak objek wisata menarik sob...

      Delete
  3. Replies
    1. terima kasih sudah mampir di objek wisata di makassar dan sulawesi selatan...

      Delete
  4. Baru tau kali ini tentang Objek Wisata Di Makassar Dan Sulawesi, Indonesia benar-benar kaya dengan potensi wisata yang akan sangat bagus jika dikelola serius oleh pemerintah setempat.
    terus semangat berbagi informasi ya mas..!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih atas kunjungan mbak sahidah yang cantik, salam kenal...

      Delete
  5. Info yang menarik sekali gan, salam kenal.
    Kunjungan baliknya gan :)
    Wisata Makassar

    ReplyDelete