Danau Matano, Terdalam Di Indonesia

Danau Matano atau Matana terletak di Kecamatan Nuha, Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan. Tepatnya di ujung selatan pulau Sulawesi di Kota Sorowako yang bersebelahan dengan Danau Towuti dan Danau Mahalona. Kota Sorowako sendiri terkenal akan tambang Nikelnya yang merupakan terbesar kedua di dunia. Danau ini merupakan danau terdalam di Indonesia bahkan Asia Tenggara, dan nomor 8 di dunia dengan kedalaman sekitar 600 meter.

Kata "matano" dalam bahasa Dongi (bahasa asli Sorowako) berarti "mata Air", karena memang danau ini terbentuk dari ribuan mata air yang muncul akibat gerakan tektonik atau pergeseran dan patahan kerak bumi. Butuh waktu jutaan tahun sampai lipatan kerak bumi ini terisi air dan berubah menjadi danau, keren ya. Karena bersumber dari mata air, membuat air di danau ini begitu jernih.

Danau Matano
Danau yang memiliki luas 16.000 hektar ini memiliki beberapa spesies endemik yang tidak ditemukan di tempat lain seperti ikan purba buttini. Ikan ini tergolong langka dn diberi julukan ikan purba karena warnanya yang kecoklatan dan mirip dengan binatang purba. Selain itu terdapat juga beberapa jenis biota air lainnya seperti udang, kepiting, siput dan berbagai jenis ikan.

Goa Bawah Air
Keunikan lain dari danau ini adalah terdapat beberapa goa di bawah air. Goa - goa ini akan terlihat jelas bila air danau sedang surut, terlihat mulut goa yang menganga. Goa ini berada di bibir danau yang didalamnya terdapat peninggalan sejarah seperti tombak, parang, dan juga peralatan rumah tangga yang terbuat dari kuningan yang diperkirakan sudah berusia ratusan tahun. Warga setempat menyebut goa tersebut dengan nama Goa Tengkorak.

Peta Danau Matano
Di Danau yang dikelilingi oleh Pegunungan Verbec ini berbagai kegiatan bisa kita lakukan seperti bermain kano, kayak, jetski, snorkeling, layar, berenang, menyelam, selancar angin dan kegiatan lainnya. Dengan keindahan panorama alamnya, tidak heran bila pada hari libur banyak wisatawan yang mengunjungi Danau terdalam di Indonesia ini.

Selain itu wisatawan bisa menikmati pemandangan danau dengan berkeliling danau menggunakan katinting dan raft yang merupakan kendaraan khas di danau ini. Buruan, nikmati keindahan alam Danau Matano di Sulawesi Selatan.


Blog, Updated at: 11:00 PM

8 comments:

  1. mantap gan, kapan kapan kita liat bali. http://belitungland.com tour and travel belitung

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. siap gan, ditunggu saja...trims kunjungannya....

      Delete
  3. Wah ternyata kita punya banyak tempat menarik ya?!... Sayang aku belum pernah kunjungi... He..he..he.. Semoga suatu saat Mbah gugel akan kasi duwit biar bisa ke sana sini.. Thanks for visiting my ugly blog..

    http://happypregnantmother.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin, saya doakan biar mbah google bisa cepet ngasih duit gan......

      Delete

Artikel Terbaru

Advertisement

Google+ Followers

Arsip Blog