Pantai Trikora, Pantai Indah Di Kepulauan Riau

Pantai Trikora, Pantai Indah Di Kepulauan Riau

Propinsi Kepulauan Riau memiliki sebuah objek wisata yang sangat indah. Namanya Pantai Trikora, terletak di Pulau Bintan. Pantai Trikora berada di Desa Malang Rapat, Kecamatan Gunung Kijang, yang berjarak sekitar 45 kilometer arah timur Kota Tanjungpinang. Pantai ini terdiri dari 4 bagian, yaitu Trikora 1, 2, 3 dan 4. Pantai ini merupakan aset atau milik dari Hotel Sampoerna yang berada di Kota Tanjungpinang tersebut.

Pemandangan di pantai Trikora ini begitu indah. Di sepanjang pantai yang memiliki garis pantai sepanjang  25 kilometer ini, ditumbuhi ribuan pohon kelapa dan pohon - pohon lainnya seperti pohon bakau dipadu dengan pasir pantainya yang putih bersih. Ditambah lagi terdapat batu - batu besar di pantai menambah keindahan pantai ini. Batu - batu tersebut sering digunakan pengunjung untuk tempat memancing.

Pantai Trikora
Di pantai ini selain memancing, pengunjung bisa menikmati pemandangan dasar laut dengan snorkeling meskipun panoramanya tidak seindah di Raja Ampat ataupun di Wakatobi. Selain itu pengunjung bisa menyewa ban untuk bermain dan berenang di pantai dengan biaya sewa 20.000 rupiah sepuasnya.

Pondok Peristirahatan
Fasilitas di kawasan pantai ini antara lain, terdapat kedai-kedai penjual makanan dan minuman yang menjual berbagai jenis makanan seperti mie rebus sampai ikan bakar. Serta terdapat pondok-pondok peristirahatan dengan tarif 30.000 rupiah sepuasnya. Menatap ke tengah laut, terlihat kelong yang terbuat dari kayu dengan atap daun rumbia untuk alat menangkap ikan yang digunakan warga setempat.

Peta Pulau Bintan
Untuk menuju lokasi ini relatif mudah karena jalannya relatif mulus. Dari Tanjungpinang sampai perbatasan Kabupaten Bintan jalannya bagus sudah beraspal dan dapat dilalui 3 sampai 4 lajur mobil. Sedangkan dari perbatasan Gunung Kijang sampai Pantai Trikora jalannya menyempit hanya cukup untuk 2 lajur kendaraan saja. Sepanjang jalan kita akan disuguhi pemandangan yang berbeda-beda, mulai dari kawasan konservasi mangrove, resort mewah, kelong, kapal - kapal nelayan dan perkampungan nelayan yang bersih.

Sekadar informasi, tidak ada kendaraan umum yang menuju ke pantai ini, jadi bila sobat ingin mengunjungi pantai ini bisa menggunakan mobil pribadi atau mobil sewaan.




No comments:

Contact Us

Name

Email *

Message *

Arsip Blog