Taman Wisata Tirta Sanita, Gunung Kapur Ciseeng

Taman Wisata Tirta Sanita, Gunung Kapur Ciseeng

Kota Bogor memiliki objek wisata yang cukup menarik. Taman Wisata Tirta Sanita di Gunung Kapur Ciseeng terletak di Desa Bojong Indah, Kecamatan Parung, sekitar 26 kilometer dari kota Jakarta. Lokasinya yang tidak jauh dari Jakarta membuat tempat ini sering dikunjungi oleh warga Jakarta dan sekitarnya.

Perjalanan menuju objek wisata ini memang terlihat suasana yang gersang, namun setelah sampai di tujuan terlihat pohon rindang dan taman yang asri hadir di hadapan mata, semilir angin mengurangi panas matahari yang mulai terik di siang hari.

Kolam Di Atas Gunung Kapur
Area wisata seluas 21.675 meter persegi ini benar-benar mengasyikkan. Ada tempat lapang, danau, bukit, taman dan gua kecil untuk berteduh.

Kamar Mandi Air Kapur
Di atas bukit terdapat kolam air kapur yang disalurkan ke kamar mandi di tengah danau. Pengunjung bisa merasakan khasiat air hangat bercampur kapur dan garam ini. Air hangat ini bisa menyembuhkan berbagai penyakit, misalnya reumatik, nyeri tulang, eksim, pegal-pegal, dan lumpuh.

Dan menurut Direktorat Tata Lingkungan, Departemen Pertambangan dan Energi RI, air hangat ini mengandung kalsium, magnesium, besi, mangan, kalium, natrium, litium, karbondioksida, dan lain-lain. Dengan mandi dan berendam dalam air tersebut, proses penyembuhan bisa dipercepat. Air ini baik pula dimanfaatkan sebagai terapi untuk berbagai jenis penyakit di atas.

Permainan Outbound
Di kawasan wisata ini juga terdapat beberapa jenis permainan outbound seperti flying fox. Ada juga permainan di kolam yang menggunakan bola besar yang dapat dimasuki orang dewasa yang terlihat sangat menantang untuk dicoba. Bola ini harus dipompa terlebih dahulu kemudian digelindingkan ke permukaan kolam.

Tiket masuk ke area ini sebesar Rp 8.000 untuk dewasa dan Rp 6.000 untuk anak-anak. Namun untuk menikmati outbound atau pemandian air panasnya, pengunjung harus membayar lagi.




1 comments:

Contact Us

Name

Email *

Message *

Arsip Blog