Taman Narmada, Kolam Awet Muda Di Lombok

Ditulis oleh: -
Pulau Lombok selain terkenal dengan keindahan pantainya juga memiliki sebuah objek wisata yang tak kalah menariknya. Taman Narmada nama objek wisata itu. Taman Narmada merupakan sebuah kompleks taman yang berdiri diatas lahan seluas 2 hektar. Taman ini memiliki beberapa kolam yang airnya di percaya bisa membuat awet muda. Kolam - kolamnya dikelilingi oleh rerumputan yang hijau dan pohon-pohon berukuran sedang, membuat taman Narmada ini begitu sejuk.

Taman Narmada berada di Desa Lembuak, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat. Taman ini berjarak sekitar 10 kilometer sebelah timur kota Mataram, Ibukota Propinsi Nusa Tenggara Barat. Yang bisa ditempuh selama 20 menit saja.

Kompleks Taman Narmada
Taman cantik nan indah ini dulunya dibangun oleh Raja Mataram Lombok, Anak Agung Ngurah Karang Asem yang diperuntukkan sebagai tempat upacara pakelem yang diselenggarakan setiap bulan purnama kelima tahun Cakra. Selain itu pada saat musim kemarau, taman ini digunakan sebagai tempat peristirahatan keluarga raja.

Taman Narmada
Daya tarik utama dari objek wisata Taman Narmada ini terletak pada kolam pemandiannya. Air di kolam pemandian ini berasal dari Gunung Rinjani dan dipercaya dapat membuat awet muda bagi orang yang meminum atau mandi di kolam ini. Para wisatawan pun banyak yang berendam di kolam ini, bahkan sampai berjam - jam.

Karena khasiat itulah, maka tak jarang banyak pengunjung yang membawa air kolam tersebut untuk dibawa pulang dengan menggunakan jerigen yang bisa dibeli di kawasan ini. Menurut penelitian yang pernah dilakukan, memang air di taman ini mengandung mineral yang cukup tinggi.

Pura Kelasa
Selain kolam pemandian yang berkhasiat itu, ada objek menarik yang bisa dikunjungi di kompleks ini yaitu Pura Kelasa atau Pura Narmada. Bentuk pura ini menyerupai punden berundak. Pura ini merupakan salah satu pura tertua di pulau Lombok. Pura Kelasa terletak di atas tebing berundak-undak, sedang di bawah lembah tebing terdapat kolam duyung dan telaga segara anak. Sampai saat ini, pura Kelasa masih digunakan sebagai tempat upacara Pujawali.

Selain kolam dan pura, di komplek taman ini terdapat beberapa fasilitas seperti watersport (olahraga air), outbond, kolam renang, panggung hiburan, dan deretan warung yang menjajakan kuliner khas yaitu sate bulayak dan nasi balap.

7comments :

  1. Pleasant Monday evening I desire a good week

    ReplyDelete
  2. Indahnya Taman Narmada ... jadi pengen kesana xixiiii... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang indah gan....trims komennya....

      Delete
  3. indah banget, dan khasiatnya itu loh yang bikin kepingin berendem disonoh.

    ReplyDelete
  4. Bgus di jadikan objek photographyku... :):)

    ReplyDelete