Kepulauan Seribu merupakan sebuah kepulauan yang terletak di sebelah utara Kota Jakarta. Kepulauan Seribu juga termasuk dalam Propinsi DKI Jakarta. Meskipun bernama kepulauan Seribu namun jumlah pulaunya tidak sampai seribu buah namun sekitar seratusan buah pulau besar dan kecil. 

Bagi sobat yang tinggal di kota Jakarta, apabila bosan dengan rekreasi bernuansa gunung seperti wisata Puncak di Bogor, tidak ada salahnya berlibur ke kepulauan Seribu ini. Di kepulauan ini banyak pulau yang menjadi tujuan wisata dengan ciri khasnya masing - masing. Berikut nama-nama pulau di Kepulauan Seribu yang bisa sobat kunjungi :

1. Pulau Anyer atau Ayer

Floating Cottage
Mendengar nama pulau ini mungkin tidak asing lagi bagi sobat semua. Pulau ini memiliki resort dan cottage yang bernuansa suku asmat. Fasilitas cottage di pulau Ayer ini merupakan salah satu yang terbaik di Propinsi DKI Jakarta. Disini terdapat 2 jenis cottage, yaitu yang ada di darat dan yang mengambang di laut (floating cottage). Pulau ini bisa ditempuh dalam waktu 20 menit dengan menggunakan speedboat dari Marina Ancol Jakarta.


Lompat Dari Jembatan Cinta
Bagi yang hobi fotografi dan menyelam, pulau ini sangat cocok untuk sobat. Di pulau ini menawarkan wisata bawah laut dengan pemandangan yang sangat indah, karena ekosistemnya masih terjaga. Selain diving atau menyelam, ada aktivitas lain yang bisa dilakukan seperti snorkeling, banana boat dan kano. Pulau Tidung ini bisa ditempuh dalam waktu 1 jam dari Marina Ancol Jakarta.

3. Pulau Pramuka

Bayi-Bayi Penyu
Pulau Pramuka terkenal dengan tempat penangkaran penyu sisiknya. Pulau ini memiliki fasilitas yang paling lengkap dibanding dengan pulau-pulau lain di kepulauan Seribu. Disini pengunjung bisa melihat bayi-bayi penyu sisik yang sedang di kembang biakan di pulau ini. Selain terkenal dengan penyu-nya, disini juga merupakan lokasi diving yang cukup bagus.

4. Pulau Bidadari

Benteng VOC
Pulau Bidadari bisa ditempuh dalam waktu 30 menit dari Marina Ancol dengan menggunakan speedboat. Disini dibangun beberapa cottage yang terletak diantara pepohonan yang menghadap ke laut, sehingga membuat suasana semakin romantis, cocok bagi pengantin baru. Yang menarik disini adalah adanya beberapa peninggalan penjajah Belanda, seperti benteng VOC, meriam dan prasasti. Namun sayang karena lokasinya relatif dekat dengan Jakarta, sehingga pulau ini tidak bisa untuk snorkeling maupun diving.

5. Pulau Sepa

Pulau Sepa
Pulau Sepa cenderung lebih sepi dibanding pulau-pulau lain diatas, namun untuk keindahannya tidak kalah dengan yang lain. Pulau Sepa terkenal akan keindahan bawah lautnya. Tidak hanya 1 spot atau titik namun banyak titik atau lokasi diving dan snorkeling disini. Selain menyelam, banyak permainan air yang bisa dinikmati disini, antara lain jetski, banana boat, ski air, aquaboard. Di pulau Sepa ini juga ada arena outboundnya loh sobat. Pulau ini bisa ditemuh selama 2 jam dari Marina Ancol.

6. Pulau Alam Kotok

Pulau Alam Kotok
Bila ingin mencari suasana yang romantis, pulau ini mungkin cocok buat sobat. Alam di pulau Kotok ini masih asri. Ditengah - tengah pulau masih berupa hutan asli dengan berbagai jenis hewan yang hidup disana. Pantainya sangat tenang dan bersih cocok sekali untuk snorkeling maupun diving. Pulau ini bisa ditempuh selama 1,5 jam dari Marina Ancol.

7. Pulau Pelangi

Pulau Pelangi
Pulau ini memiliki vegetasi yang rimbun dengan pasir putih yang bersih dikelilingi oleh air laut yang jernih. Disini pengunjung bisa bermain kano, banana boat, memancing, diving dan snorkeling. Disini berdiri beberapa bungalow untuk sobat menginap.Selain itu terdapat rumah makan terapung dan toko peralatan selam.

8. Pulau Putri

Akuarium Bawah Laut 
Pulau ini sangat cocok untuk liburan bersama keluarga. Pulau Putri memiliki fasilitas yang sangat spesial dan satu-satunya yang ada di pulau Seribu. Yaitu Akuarium Bawah Laut. Di akurium yang menyatu dengan laut ini, kita bisa melihat berbagai jenis ikan, langsung di dalam laut. Selain itu juga ada kolam renang, glass bottom boat dan sunset cruise. Bisa ditempuh selama 90 menit dari Marina Ancol.

9. Pulau Pantara

Pulau Pantara Dari Atas
Bagi yang hobi permainan air seperti banana boat, jetski, diving, snorkeling, kano bisa mencoba berlibur ke pulau ini. Air laut di pulau ini benar-benar jernih berpadu dengan pasir putih yang bersih membuat pemandangan alamnya begitu mempesona. Namun harga paket wisata disini relatif mahal dibandingkan dengan pulau lain di pulau Seribu.

Tagged:

Comments
5 Comments

5 comments:

  1. kemaren aku ga sempat mampir kesitu bang.

    ReplyDelete
  2. Liat gambarnya aja Om. Negara kita memang Indah...

    ReplyDelete
  3. Paket P. Tidung. Maret 9-10. Harga promo 280ribu/min 15orang.. Sisa 8 seat lagi. Hub 082118833456 atau add pin  ‎​ 2912a2be

    ReplyDelete
  4. Pulau Seribu menawarkan banyak pilihan paket wisata.

    ReplyDelete