Pulau Pramuka, Penyu Dan Snorkeling

Pulau Pramuka merupakan salah satu pulau dari sekian banyak pulau yang ada di Kepulauan Seribu, yang terletak di utara Kota Jakarta. Pulau ini masuk pada kelurahan Pulau Panggang, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara, Propinsi DKI Jakarta. Sebagai pusat pemerintahan Kepulauan Seribu, pulau ini memiliki fasilitas yang paling lengkap dari pulau-pulau lainnya.

Pulau Pramuka sangat terkenal dengan tempat penangkaran dan pelestarian penyu sisiknya. Disini penyu sisik dikembang biakkan dan dirawat di satu area. Pengunjung bisa bersentuhan langsung dengan bayi-bayi penyu yang ada disini. Setelah cukup umur baru penyu-penyu ini dilepas di habitat aslinya yaitu laut. Penyu sisik termasuk hewan yang terancam punah sehingga pemerintah dan masyarakat Pulau Pramuka ini sangat mendukung upaya pelestarian satwa yang bisa hidup sampai puluhan tahun ini.

Bayi - Bayi Penyu
Selain terkenal akan penangkaran penyu sisiknya, Pulau Pramuka juga memiliki keindahan alam yang mempesona, khususnya pantai dan lautnya. Dengan pasir pantainya yang bersih dan jernihnya air laut serta terumbu karang dan berbagai spesies ikan hiasnya membuat pulau ini menjadi lokasi menyelam yang banyak dikunjungi oleh wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

Dermaga Pulau Pramuka
Memang, gugusan terumbu karang di sekitar pulau ini sangatlah indah sehingga cocok sekali untuk olahraga air seperti diving, snorkeling ataupun scuba diving. Bila sobat ingin menikmati pemandangan bawah laut di pulau ini dengan snorkeling, sobat bisa menyewa peralatannya disini dengan harga 20 ribu - 40 ribu rupiah per 6 jam. Namun bila sobat ingin menikmati keindahannya lebih dalam, sobat bisa mencoba scuba diving, dengan biaya sewa 350 - 450 ribu rupiah per trip.

Bermain Kayak
Tidak puas dengan itu, sobat bisa mencoba mengelilingi pantai di pulau Pramuka ini dengan menggunakan kayak yang bisa disewa seharga 50 ribu rupiah per jamnya. Atau sobat dapat memancing di spot-spot memancing yang banyak di huni ikan-ikan besar disini.

Satu lagi yang membuat kita akan betah disini adalah keramahtamahan penduduknya. Mereka sering membantu, menyapa, dan tersenyum kepada para wisatawan, karena memang sudah menjadi kebiasaan disana.

Snorkeling
Untuk menuju ke Pulau Pramuka ini, bisa melalui Pelabuhan Muara Angke atau Marina di Ancol. Jika dari Muara Angke, sobat bisa menumpang kapal nelayan berukuran sedang yang hanya ada dua kali dalam sehari dengan tarif 30 ribu rupiah per orang, dengan waktu tempuh 2,5-3 jam.

Bila sobat mempunyai kocek yang cukup tebal, bisa melalui Marina dengan menggunakan speedboat dengan tarif bervariasi antara 150 - 400 ribu per orang. Waktu tempuh dari Marina ke Pulau Pramuka sekitar 90 menit. Sampai di pulau ini, silakan cari tempat menginap yang sudah tersedia dengan tarif  350-500 ribu permalam. Penasaran dengan Pulau Pramuka?...

Share :

Facebook Twitter Google+

1 Response to "Pulau Pramuka, Penyu Dan Snorkeling"

  1. "LIBURAN DENGAN SUASANA BEDA…COBA KE PULAU PELANGI.
    Pasir putih serta pantai landai, Restoran di atas laut, Snorkeling dan Diving.
    Harga mulai Rp. 1.190.000,- Termasuk : Transportasi kapal, welcome drink, 4x makan, penginapan.
    Dapatkan Harga Paket Meeting | Paket outing | Paket outbound.
    Kami menyediakan Charter boat Memancing dan Keliling Pulau Seribu.
    Informasi lengkap, silahkan hubungi Marketing kami :
    PT. WIJAYATAMA WISATA
    Kantor Pemasaran Pulau Seribu :
    Head Office
    Address : Jl. Raya Condet No.1, Jakarta Timur.
    24 Hours : 0815 9977 449 / (021) 6827 4005
    Phone : (021)8088 9688 / (021) 8088 0526
    Fax : (021) 8088 9671

    Customer Service Online
    cso1.hotelvoucher@yahoo.com
    cso2.hotelvoucher@yahoo.com
    cso3.hotelvoucher@yahoo.com
    cso4.hotelvoucher@yahoo.com
    cso5.hotelvoucher@yahoo.com
    cso6.hotelvoucher@yahoo.com

    Branch Office
    Address : Jl. Lodan Timur No.7 Jakarta
    Phone : (021) 6406 166
    Fax : (021)6407 344
    E Mail : info@kepulauseribu.com
    Website : http://www.kepulauseribu.com
    Facebook : http://facebook.com/kepulauseribu
    Twitter : http://twitter.com/kepulauseribu
    Youtube : http://youtube.com/kepulauseribu

    ReplyDelete