Pantai Kuta Di Pulau Lombok

Pantai Kuta Di Pulau Lombok

Objek wisata Pantai Kuta selain ada di Pulau Bali juga ada di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Keindahan Pantai Kuta di Lombok ini tidak kalah dengan yang ada di Bali bahkan mungkin lebih indah di Lombok karena pantai ini cenderung masih alami dan asri tidak seperti di Bali yang berada di pinggir jalan dan dipenuhi hotel dan restoran. Pantai Kuta di Lombok ini lebih tersembunyi dari hingar-bingar kehidupan manusia dan untuk menuju kesana kita harus melalui perkampungan suku Sasak asli pulau Lombok.

Pantai ini terletak di sebuah desa bernama yang sama yaitu desa Kuta, 70 km dari kota Mataram. Bila dari pantai Senggigi memerlukan waktu sekitar 2,5 jam perjalanan. Pantai ini memiliki pasir yang berwarna begitu putih sehingga banyak orang yang menyebutkan pasir pantai ini mirip butiran merica. Selain pasir pantainya yang putih, pantai Kuta ini memiliki air laut yang jernih dan dikelilingi bukit-bukit disekitarnya menambah keindahan pantai ini.

Pasir Bagai Butiran Merica
Pantai ini juga terkenal dengan tempat berselancarnya dan masih banyak spot-spot tersembunyi. Sekitar 7 km dari pantai ini ada Pantai Gerupuk dan pantai Belongas yang juga menjadi favorit para surfer baik dari dalam maupun luar negeri.

Pantai Kuta Lombok 
Untuk fasilitas di pantai ini cukup lengkap meskipun tidak sebanyak di pantai Kuta Bali. Disini juga sudah berdiri hotel berbintang seperti hotel Novotel yang menyediakan berbagai permainan air seperti jetski, banana boat, dan beberapa bungalow serta restoran - restoran. 

Dikelilingi Perbukitan
Setiap tahunnya yaitu pada bulan Februari atau Maret di pantai ini diadakan Festival Bau Nyale Mandalika. Yaitu festival menangkap cacing laut/nyale di pantai. Menurut legenda cacing atau Nyale itu berasal dari seorang putri yang sangat cantik dan banyak pangeran serta pemuda jatuh hati padanya. Karena tak ingin terjadi pertumpahan darah antar pangeran maka putri tersebut tidak memilih siapapun dan memutuskan menceburkan diri ke laut, dan rambut si putri Mandalika itu yang menjelma menjadi cacing tersebut.

Tempat Berjemur
Setelah puas menikmati keindahan pantai Kuta ini, sobat bisa mengunjungi Desa Sade dan Rambitan yaitu suatu perkampungan suku Sasak dengan rumah - rumah dan kehidupan asli suku ini.

Perjalanan bisa sobat lanjutkan dengan mengunjungi daerah Sukarara yaitu pusat kerajinan kain tenun Lombok. Disini sobat bisa melihat bagaimana cara pembuatan kain tenun ini sekaligus membelinya untuk oleh-oleh.




1 comments:

Contact Us

Name

Email *

Message *

Arsip Blog