Pulau Nusa Penida, Bali

Pulau Nusa Penida, Bali

Lokasi objek wisata Pulau Nusa Penida berada di Kabupaten Klungkung tepatnya di sebelah tenggara Pulau Bali. Pulau Nusa Penida berdampingan dengan dua pulau kecil lainnya yaitu Pulau Nusa Lembongan dan Pulau Ceningan. Luas pulau Nusa Penida kurang lebih 200 kilometer persegi dengan alam perbukitan yang hijau tapi sebagian kering. Keindahan pulau ini tak kalah dengan pulau di sebelahnya yaitu Pulau Bali.

Tidak seperti Pulau Nusa Lembongan yang lebih terkenal akan wisatanya, di pulau ini sarana pariwisata bisa dibilang masih minim. Tetapi menurut penduduk setempat beberapa lokasi sudah ada yang dikapling para investor, khususnya di sisi tebing karena pemandangannya yang keren abis.

Pulau Nusa Penida
Beberapa aktivitas yang bisa dilakukan di pulau ini seperti diving, snorkeling, melihat atraksi ular besar dan burung, melihat penangkaran penyu, trekking dan menikmati kelapa muda khas Nusa Penida.

Crystal Bay Beach
Untuk diving dan snorkeling ada spot-spot terbaik disini yaitu Pantai Ped, Crystal Bay, Toyapakeh, Suana Bay dan yang paling terkenal adalah Manta Point. Lokasi ini dinamakan Manta Point karena banyak sekali manta atau ikan pari.

Ikan Pari
Untuk yang hobi menjelajah atau trekking ada lokasi yang sangat menarik di pulau ini, yaitu Temeling. Daya tarik lain di Temeling adalah adanya pemandian air yang sangat jernih sehingga kita bisa berenang-renang sepuasnya setelah lelah berjalan menyusuri bukit.

Penangkaran Burung
Di pulau ini juga terdapat tempat penangkaran burung-burung langka seperti Jalak Bali yang harganya mencapai puluhan juta rupiah per ekornya di pasar gelap. Lokasi penangkaran burung langka ini terletak di daerah Ped, yaitu bernama FNPF (Friends of National Park Foundation). 

Untuk menuju ke Pulau Nusa Penida ada berbagai jalur yang bisa ditempuh. Pertama bisa melalui Pantai Sanur dengan menggunakan speed boat yang tarifnya sekitar 75 ribu rupiah. Kedua, melalui Pelabuhan Padang Bai menggunakan kapal ferry dengan ongkos menyeberang 16 ribu per orang. Atau bila sobat memiliki dana lebih bisa melalui Tanjung Benoa dengan menaiki kapal Quicksilver yang bertarif Rp 570.000/orang. Harga diatas termasuk paket aktivitas yang ditawarkan.




No comments:

Contact Us

Name

Email *

Message *

Arsip Blog