Pura Ulun Danu Di Danau Beratan

Pura Ulun Danu Di Danau Beratan

Lokasi Objek Wisata Pura Ulun Danu terletak di Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali. Sekitar 55 kilometer dari Kota Denpasar. Seperti halnya Pura Tamam Ayun, Pura Ulun Danu ini dibangun oleh pendiri Kerajaan Mengwi yaitu I Gusti Ngurah Putu. Lokasinya yang terletak di dataran tinggi Bedugul membuat kawasan wisata ini memiliki udara yang sejuk dengan suhu antara 18-22 derajat Celcius.

Yang menarik pada pura ini adalah lokasinya yang terletak di tepi Danau Beratan membuat pemandangannya semakin mempesona, seakan-akan pura ini terapung di atas danau. Pura di Danau Beratan ini juga ada di uang kertas rupiah pecahan 50 ribu, silakan dicek kalau gak percaya.

Pura Ulun Danu
Memasuki objek wisata danau Beratan ini, areal pertama yang kita temui adalah taman bermain. Di salah satu bagian terdapat tempat mainan anak-anak berupa ayunan, kursi putar dan lain-lain. Di sebelah arena bermain ini terdapat restoran yang ketika waktu makan siang, penuh oleh pengunjung karena menyajikan prasmanan. 

Taman Di Danau Beratan
Masih di areal taman, di bagian lain terdapat sebuah candi Budha berupa stupa setinggi 5 meter yang dikelilingi 4 patung Budha di bagian bawah. Hal ini menandakan bagaimana multikulturisme itu berjalan di Bali sejak dulu. Apalagi persis di sebelah candi Budha tersebut terdapat Pura Ulun Danu dimana masyarakat Hindu bersembahyang ketika berkunjung ke Bedugul. Selain itu, tidak jauh dari areal ini terdapat masjid sehingga nuansa multikultur itu semakin terasa. Ini yang membuat Bedugul benar-benar berbeda.

Di sekeliling pura yang menjadi bagian utama ini, terdapat taman dengan rumput hijau. Pohon-pohon cemara membuat suasana hijau itu bertambah lengkap. Kita bisa berjalan-jalan di trotoar untuk pejalan kaki. Di bagian paling timur dari Pura Ulun Danu ini terdapat dua Meru (tempat untuk meletakkan sesajen) yang bertumpang solas (tumpuk sebelas) dan tumpang pitu (tumpuk tujuh). Dua meru ini agak terpisah dengan daratan sehingga menjadi objek foto yang sangat menarik.

Naik Perahu
Di sebelah meru atau pura tersebut terdapat rumpun bambu dimana biasa terdapat orang memancing. Selain memancing kita juga bisa mengelilingi Danau Beratan yang memiliki kedalaman sampai 23 meter ini dengan menyewa perahu disana dengan tarif 25 ribu sekali jalan. Ada pula pelukis wajah atau potret diri yang melukis wajah hanya dalam 15 menit.

Objek wisata ini buka tiap hari mulai pukul 08.00-18.00 WITA. Namun bila kabut tiba-tiba turun, pura Ulun Danu ini segera ditutup untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Untuk tiket masuk sebesar R 7.500/orang. Lokasi Pura Ulun Danu ini juga tidak jauh dari Kebun Raya Eka Karya yaitu hanya 300 meter jaraknya.




3 comments:

Contact Us

Name

Email *

Message *

Arsip Blog