Objek Wisata Di Yogyakarta

Objek Wisata Di Yogyakarta

Yogyakarta atau tepatnya Daerah Istimewa Yogyakarta ( DIY ) merupakan salah satu propinsi yang ada si pulau Jawa dan memiliki beberapa objek wisata yang menarik. Seperti wisata alam, wisata religi, wisata budaya, wisata sejarah, wisata belanja sampai wisata kuliner. Makanan khas daerah ini adalah Gudeg.

Kenapa disebut Daerah Istimewa? karena propinsi ini dipimpin oleh seorang sultan yaitu Sri Sultan Hamengku Buwono X. Ibukota dari propinsi ini adalah kota Yogyakarta yang kaya akan wisata alam dan budayanya. Propinsi ini memiliki populasi penduduk sebesar 3.452.390 jiwa pada sensus penduduk tahun 2010 yang lalu.

Propinsi ini juga merupakan salah satu tujuan wisatawan asing selain pulau Bali. Bila sobat berada disini, sobat akan merasakan kekentalan budaya jawa yang masih terjaga. Berikut objek - objek wisata yang dapat sobat kunjungi di Yogyakarta :

1. Candi Borobudur
Siapa yang tak kenal candi ini. Candi Borobudur merupakan candi budha terbesar di dunia. Candi ini terletak di kota Magelang sekitar 40 km dari kota Yogyakarta. Candi ini tak pernah sepi oleh pengunjung. Saat erupsi gunung merapi tahun 2010 yang lalu, candi ini sempat tertutup oleh debu vulkanik.

Candi Borobudur
2. Pantai Parangtritis
Pantai ini terletak di Kabupaten Bantul, 25 km sebelah selatan kota Yogyakarta. Pantai ini sangat terkenal di Yogyakarta. Konon di pantai ini adalah tempat pertemuan raja - raja Yogyakarta dengan Ratu Nyi Roro Kidul, penguasa laut selatan.

Pantai Parangtritis
3. Jalan Malioboro
Adalah salah satu nama jalan di kota Yogakarta dan merupakan kawasan wisata. Jalan ini terkenal dengan pedagang kali limanya yang menjajakan kerajinan khas Yogya dan warung - warung lesehan pada malam hari yang diiringi oleh alunan musik seniman jalanan.

Jalan Malioboro
4. Keraton Yogyakarta
Keraton ini merupakan istana dari penguasa Yogyakarta yaitu Sri Sultan Hamengku Buwono X. Keraton ini dibangun pada tahun 1755 oleh Sri Sultan Hamengku Buwono I. Sebagian kompleks keraton merupakan museum yang menyimpan barang koleksi sultan.

Keraton Yogyakarta
5. Candi Prambanan
Candi ini terletak di perbatasan antara propinsi Jawa Tengah dan D.I.Yogyakarta. Candi ini merupakan candi Hindu terbesar di Indonesia. Pemandangan candi ini pada malam hari sangat indah karena disorot oleh lampu yang berwarna-warni.

Candi Prambanan
6. Kebun Binatang Gembira Loka
Kebun Binatang ini terletak di kota Yogya dan mempunyai koleksi satwa yang cukup lengkap. Pada tahun 2004 kebun binatang ini sempat rusak karena gempa bumi namun sekarang sudah kembali seperti semula.

Gembira Loka Zoo
7. Gunung Merapi
Gunung ini memiliki ketinggian 2.968 meter dpl. Gunung ini adalah salah satu gunung paling aktif di dunia. Gunung ini terakhir meletus pada tahun 2010 yang lalu dan menyebabkan korban jiwa yang cukup banyak.

Erupsi Merapi
Selain objek wisata diatas banyak lagi lainnya seperti Benteng Vedeburg, Goa Jepang, Pantai Pandansimo, Pakem Sari Water Boom, Telogo Muncar, Goa Cerme dan masih banyak lagi.




No comments:

Contact Us

Name

Email *

Message *

Arsip Blog