Waduk atau Bendungan Wonorejo terletak di Desa Wonorejo, Kecamatan Pagerwojo, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur. Bendungan ini memiliki luas 3,85 juta meter persegi dan merupakan salah satu bendungan terbesar se-Asia Tenggara. 

Bendungan yang diresmikan pada 21 Juni 2001 ini selalu ramai dikunjungi wisatawan dari dalam maupun luar kota Tulungagung. Bahkan data jumlah kunjungan wisatawan menunjukkan tren positif setiap bulannya, yaitu pada kisaran ratusan pengunjung perbulan. Jika dikalkulasi, dalam satu tahun setidaknya tercatat ada 3.000 pengunjung yang ingin menikmati keindahan bendungan ini.

Bendungan Wonorejo
Namun, asumsi jumlah kunjungan wisatawan itu bisa lebih banyak lagi bila pihak pengelola wisata bendungan dan pemkab menggelar pesta rakyat, seperti pentas dangdut dan beberapa pertunjukan kesenian tradisional setempat. Jumlah kunjungan pun bisa menembus 15.000 orang pertahun.

Sepanjang Jalan
Kedatangan para wisatawan itu bukannya tanpa alasan. Sebelumnya Dinas Pariwisata, Seni dan Kebudayaan Kabupaten Tulungagung telah getol memoles dan mempromosikan keberadaan potensi wisata Bendungan Wonorejo.

Bendungan Wonorejo
Di bendungan ini sudah dilengkapi sarana penunjang bagi wisatawan, seperti penginapan, restoran, jogging track, taman rekreasi keluarga, dan kenyamanan jalur transportasi menuju lokasi yang sangat layak untuk dilalui berbagai jenis kendaraan. Setelah dibuka untuk umum sebagai kawasan wisata, setiap pengunjung yang masuk ke kawasan  waduk harus membayar Rp 2.000/orang. Selepas melewati pintu masuk, pengunjung tinggal menempuh perjalanan sekitar satu kilometer untuk mencapai lokasi bendungan.

Panorama Bendungan
Selain wisata, keberadaan bendungan berkapasitas tampung 122 juta meter kubik ini juga memiliki sejumlah fungsi penting. Fungsi itu antara lain, menyediakan air baku untuk Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Surabaya sebanyak 8 meter kubik perdetik, mengusahakan pembangkit tenaga listrik 6,02 megawatt, mengendalikan banjir bagi daerah Tulungagung seluas 1.479 hektar, dan mendukung irigasi pertanian untuk sawah penduduk setempat seluas 1.200 hektar dan juga sebagai budidaya perikanan.

Karena perannya tersebut, bendungan ini pun memiliki banyak kelebihan. Yaitu pada elelvasi titik puncak setinggi 188 meter, tinggi bendungan 100 meter, panjang bendungan 545 meter dan volume timbunan 6,05 juta meter kubik. Jadi tidak ada salahnya bila sobat mengunjungi Bendungan Wonorejo ini dengan suasana pegunungan yang sejuk.

Tagged:

Comments
3 Comments

3 comments:

  1. menakjubkan . apalagi biaya masuknya murah .

    ReplyDelete
  2. Begitu besar mamfaat bendungan wonorejo,tapi sayang pemerintah setempat tidak memperhatikan daerah yg paling dekat dgn bendungan contoh jalan akses ke Desa wonorejo yg sangat rusak parah dan lobang dimana mana,padahal masyarakat wonorejo lah yg banyak dirugikan.thanks

    ReplyDelete