Garuda Wisnu Kencana (GWK), Patung Tertinggi Di Dunia

Patung Garuda Wisnu Kencana (GWK) yang ada di Bukit Ungasan, Jimbaran, Bali sebentar lagi akan menjadi patung tertinggi di dunia. Betapa tidak, patung Dewa Wisnu yang sedang menunggangi seekor burung garuda ini akan memiliki tinggi total 140 meter terdiri dari 70 meter bangunan penyangga dan 70 meter tinggi patung, dengan bentang sayap burung garudanya mencapai 66 meter. Bandingkan saja dengan patung Liberty yang ada di New York, Amerika Serikat yang "hanya" memiliki tinggi 93 meter (termasuk bangunan dibawahnya).

Adalah I Nyoman Nuarta, seorang seniman asal Bali yang memiliki ide dan pembuat patung ini. Memang saat ini, patung GWK belum rampung sepenuhnya, hanya bagian-bagian tertentu yang sudah selesai seperti kepala burung garuda, tangan dan badan dewa Wisnu. Untuk patung kepala burung garuda dan badan dewa Wisnu terletak di dalam komplek GWK, namun untuk patung sepasang tangan dewa Wisnu terletak diluar komplek. Patung ini terbuat dari perpaduan antara batu, tembaga, perunggu dan baja yang akan memiliki berat total 4.000 ton.

Sepasang Tangan Dewa Wisnu
Mega proyek patung GWK ini sudah menghabiskan dana sebesar Rp 30 miliar. Patung GWK terletak di komplek Garuda Wisnu Kencana Cultural Park. Lokasinya terletak satu arah dengan pantai Dreamland dan Uluwatu. Kesan pertama kali tiba di tempat ini adalah tempatnya sangat panas dan gersang dengan pemandangan batu - batu raksasa berbentuk kotak yang berdiri dengan kokoh di sepanjang jalannya.

Badan Dewa Wisnu
Bila patung ini sudah selesai, patung ini bisa dilihat dari jarak 20 km sehingga bisa dilihat dari pantai Kuta, Sanur bahkan dari Tanah Lot. Sayangnya hingga saat ini patung ini belum rampung juga.

Kepala Burung Garuda
Untuk memasuki objek wisata ini sobat harus membeli tiket sebesar Rp 25.000/orang, untuk turis lokal. Di komplek ini kita juga bisa melihat pertunjukan tari Kecak yang diadakan tiap harinya untuk menghibur pengunjung. Jangan lupa bila meninggalkan tempat ini, sobat bisa berbelanja souvenir untuk oleh-oleh bagi keluarga di rumah, harganya sangat bersaing.

Share :

Facebook Twitter Google+

0 Response to "Garuda Wisnu Kencana (GWK), Patung Tertinggi Di Dunia"

Post a Comment