Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor

Bila kita berkunjung ke kota Bogor tidak lengkap rasanya bila tidak mampir ke tempat ini. Kebun Raya Bogor merupakan salah satu ikon kota Bogor. Kebun Raya Bogor sudah ada sejak jaman kerajaan sunda. Kebun Raya Bogor dahulunya merupakan hutan buatan yang bertujuan untuk melestarikan lingkungan sekitar dan memelihara benih-benih kayu langka.

Ide pendirian kebun raya ini berasal dari ahli biologi yaitu Abner yang menulis surat kepada Gubernur Jenderal G.A.G.Ph Van Der Capellen. Dan pada tahun 1817, Gubernur Jenderal tersebut meresmikan kebun raya ini dengan nama Lands Plantentuin te Buitenzorg.

Bunga Bangkai
Kebun raya ini memiliki ribuan jenis flora dari yang biasa sampai yang langka dan dilindungi. Salah satu flora yang paling terkenal adalah bunga Bangkai  (Amorphophalus titanum). Bunga ini merupakan bunga terbesar di dunia dan memiliki bentuk yang sangat indah. Tinggi bunga ini bisa mencapai 2 meter.

Tugu Lady Raffles
Masuk di pintu gerbang kebun raya, pengunjung akan disuguhkan sebuah bangunan dengan gaya eropa berpadu dengan pohon-pohon besar nan rindang. Lebih kedalam lagi pengunjung akan menemukan sebuah monumen berupa bangunan yang berbentuk melingkar yang bernama Tugu Lady Raffles. Tugu ini dibangun oleh Thomas Stamford Raffles untuk mengenang istrinya Lady Olivia Mariamne Raffles yang meninggal pada tahun 1814 di area Kebun Raya Bogor.

Pintu Masuk
Bila sobat mengelilingi kebun raya ini, akan terlihat banyak sekali pohon-pohon tua yang berukuran besar yang membuat suasana kebun ini lebih sejuk dan rindang. Pohon-pohon tersebut bisa sobat gunakan untuk latar belakang berfoto ria dengan kekasih atau keluarga.

Kebun Raya Bogor juga berbatasan langsung dengan Istana Bogor yang hanya dipisahkan oleh sebuah kolam air jernih dan pagar besi. Tetapi untuk pengunjung kebun raya tidak diperbolehkan masuk ke Istana Bogor karena dijaga oleh pihak keamanan, ya namanya juga istana sob.

Istana Bogor
Lebih kedalam lagi, pengunjung akan menemukan sebuah monumen lagi bernama tugu Reinwardt. Tugu ini hasil dari kerjasama antara pemerintah Jerman dengan Indonesia tentang Konservasi tumbuhan. Dari tugu Reinwardt kita akan melewati sebuah pemakaman tua dan dilanjutkan menuju ke taman Teisjmann.

Kebun Raya Bogor terletak di jalan Ir. H Juanda No 13 PO BOX 309 Bogor 16003.
Telp (0251) 8322187, 8322220.
Untuk tiket masuk sebesar 10 ribu rupiah/orang.
Mobil : Rp 15.000
Motor : Rp 3.000
Kebun raya ini buka setiap hari pukul 08.00 - 17.00 WIB.




No comments:

Contact Us

Name

Email *

Message *

Arsip Blog