Kebun Raya Cibodas merupakan salah satu dari beberapa kebun raya yang paling terkenal di Indonesia. Kebun raya ini terletak di kompleks hutan Gunung Pangrango, Desa Cimacan, Pacet, Cianjur, Jawa Barat. Kebun raya ini memiliki kontur atau bentuk topografi yang bergelombang dan berbukit - bukit. Berada pada ketinggian 1.275 meter dpl membuat suasana di kawasan ini begitu sejuk dengan suhu udara 17 - 27 derajat Celcius.

Lokasi kebun yang dibangun oleh Johannes Elias Teijsmann pada tahun 1852 ini mudah dijangkau. Dari Cipanas jaraknya sekitar 5 kilometer melalui Simpang Tiga Pangrejen. Bila dari Jakarta, Bogor atau Bandung, gunakan saja kendaraan roda empat atau roda dua.

Kebun Raya Cibodas
Kebun yang menjadi cabang dari Kebun Raya Bogor ini memdapat curah hujan yang cukup tinggi dengan suhu rata-rata pertahunnya 18 derajat Celcius. Tak heran jika kebun botani ini dikhususkan bagi tumbuhan dataran tinggi basah tropika, seperti runjung dan paku-pakuan. Berbagai pohon yang besar seperti tusam, juga bisa ditemukan disini.

Air Terjun Di Kebun Raya
Tumbuhan paku pegunungan, hutan kaliandra, hutan alam, dan air terjun makin menyempurnakan keindahan air terjun ini. Suasananya begitu nyaman dan teduh, sehingga sangat cocok sebagai tempat wisata baik bersama keluarga maupun pasangan.

Taman Lumut Cibodas
Yang paling khas di kebun raya Cibodas ini adalah Taman Lumut Cibodas. Disini terdapat 216 jenis lumut dari berbagai sudut daerah di Indonesia dan dunia. Dengan luas 2.500 meter persegi, taman ini disebut-sebut sebagai satu-satunya di dunia yang terletak di luar ruangan dan memiliki koleksi terbanyak.

Guest House
Di kebun raya ini terdapat guest house yang kerap digunakan sebagai lokasi pengambilan gambar sinetron. Tak bisa dipungkiri, bentuk bangunan kayu seakan-akan mengesahkan pendapat bahwa perumahan di pegunungan layaknya terbuat dari kayu jati dan bergaya country ini menambah keindahan gambar. Jelas berbagai rumah produksi tak mau menyia-nyiakan tempat ini.

Berbagai fasilitas sudah tersedia di kebun raya ini, seperti area parkir yang luas yang dapat menampung puluhan kendaraan roda empat maupun bus, areal bermain anak, MCK, pendopo, teater alam terbuka, dan camping ground atau bumi perkemahan yang bisa menampung 200 tenda. Tiket masuk untuk menuju ke kebun raya ini sebesar Rp 6.000/orang. Cukup murah kan.

Tagged:

0 comments: