Kepulauan Derawan, Wisata Kalimantan Timur

Kepulauan Derawan merupakan salah satu objek wisata di Propinsi Kalimantan Timur. Kepulauan Derawan berada di Kabupaten Berau. Di kepulauan ini terdapat objek wisata bahari yang menawan, salah satunya adalah Taman Bawah Laut Kepulauan Derawan yang diminati wisatawan mancanegara terutama para penyelam kelas dunia. Sedikitnya ada empat pulau yang terkenal di kepulauan ini, yaitu pulau Maratua, Derawan, Sangalaki, dan pulau Kakaban yang terkenal dengan danau ubur-uburnya dan penyu sisiknya. 

Objek wisata di Kalimantan Timur ini terkenal dengan lokasi menyelamnya. Bahkan ada yang bilang keindahan bawah laut di kepulauan Derawan ini lebih bagus dari Bunaken. Perairan Derawan memiliki 460 jenis terumbu karang dan membuatnya menempati tempat kedua terbanyak di Indonesia setelah Kepulauan Raja Ampat di Papua. Selain itu ditemukannya 870 jenis ikan mulai dari kuda laut kerdil sampai ikan pari raksasa.

Perairan Yang Jernih
Sedikitnya terdapat 18 titik lokasi penyelaman di kepulauan Derawan ini. Untuk menikmati keindahan terumbu karang dan biota laut disini, penyelaman bisa dilakukan dengan teknik penyelaman dangkal sekitar 5-25 meter. Karena memiliki keanekaragaman biota laut nomor 2 terbaik di Indonesia, bisa dibayangkan pemandangan yang ada di bawah sana.

Ubur - Ubur Di Danau Kakaban
Selain pulau Derawan, pulau yang tak kalah menariknya adalah Pulau Kakaban. Di pulau ini sobat bisa menyelam di danau yang terbentuk dari air laut yang terkurung di daratan yang dihuni oleh ribuan ubur-ubur jinak yang sengatnya tidak berbahaya bagi manusia. Danau ini merupakan danau ubur-ubur terbesar di Dunia.

Penyu Di Pulau Sangalaki
Pulau selanjutnya adalah Pulau Sangalaki. Pulau yang memiliki luas 12 hektar ini merupakan tempat bertelurnya spesies penyu langka yaitu penyu hijau dan penyu sisik. Sobat bisa melihat penyu-penyu bertelur di pinggir pantai pada malam hari.

Untuk akomodasi, di kepulauan Derawan ini sudah ada penginapan berupa resort dengan arsitektur bergaya Kalimantan dan menghadap ke laut. Kepulauan Derawan sendiri sudah dicalonkan untuk menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 2005.

Share :

Facebook Twitter Google+

11 Responses to "Kepulauan Derawan, Wisata Kalimantan Timur"

  1. kelihatan masih sangat alami ya sob, arinya begitu jernih

    ReplyDelete
  2. Ini neh tempat yg pengen bgt ane kunjungin,... Derawan,,, oohh derawan,,, pdhal msh satu pulau sama ane, cman beda provinsi (Kalsel -Kaltim) ... Smg ntar bsa ke derawan,..

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku dukung gan....trima kasih kunjungannya....

      Delete
  3. pengen liat ubur-uburnya..
    menyengat gx yaa ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ubur-uburnya gak menyengat gan, yang nulis artikel ini bisa menyengat, hehehe....trima kasih....

      Delete
    2. masih diseputar Kalimantan guy's ada Yang sudah Coba wisata Ke danau labuan Cermin DIJAMIN guy's anda Akan Terpesona Melihat Keindahan hasil karya maha Kuasa, letaknya ada di Kabupaten Berau, Kec,Biduk-biduk Danau Labuan cermin ini tidak Kalah Indahnya dengan Pulau Derawan. Bila Anda Berkunjung ke Danau Labuan cermin perjalanan ini bisa ditempuh melalui jalan darat dan laut.jaraknya Lumayan jauh bro bisa ditempuh dengan kapal cepat sekitar 2 jam perjalanan melalui P.Derawan dan kalau melalui Darat bisa makan waktu 4 jam Dari kota tanjung redeb dan Ini akan masuk Program Pusat dan PemProv Menjadi Destinasi Ke 2 Setelah Pulau Derawan silahkan Serch : di Googel atau http://www.apakabardunia.com/2011/04/danau-labuan-cermin-tawar-dipermukaan.html

      atau boleh juga

      http://travel.detik.com/read/2012/01/25/130448/1824391/1025/danau-labuan-cermin-harta-karun-di-kalimantan-timur


      Delete
  4. Kalimantan menyimpan seribu pesona. Kapan bisa kesana ya ?

    ReplyDelete
  5. indah ya gan, ikonnya memang penyu nih.
    jadi pengen kesana :D

    ReplyDelete
  6. Informasinya sangat menarik. Nice info. Thx :)

    ReplyDelete
  7. artikel dan foto-fotonya keren keren boss.. Terimakasih infonya

    ReplyDelete