Nama - Nama Pura Terkenal Di Bali

Pulau Bali atau yang biasa disebut Pulau Dewata memiliki banyak sekali pura sebagai tempat beribadah umat Hindu. Bahkan ada sebutan khusus untuk pulau Bali yaitu Pulau Seribu Pura. Meskipun jumlahnya sangat banyak, namun pura - pura ini semuanya terawat dengan baik karena memang masyarakat Bali masih sangat menjunjung tinggi budaya dan adat-istiadat serta agamanya.

Di setiap sudut kota, kita akan dengan mudah menemukan pura baik yang berukuran kecil maupun besar. Pura - pura ini dengan rutin digunakan untuk sembahyang maupun upacara keagamaan. Selain itu pura dijadikan sebagai objek wisata bagi para turis selain pantai dan lautnya. Berikut nama-nama pura yang terkenal di Bali :

Pura Besakih
Pura ini merupakan kompleks pura terbesar yang ada di Bali. Letak pura ini berada di lereng gunung Agung, gunung tertinggi di pulau Bali. Pura Besakih terletak pada ketinggian 1000 meter dpl. Dari kota Denpasar, pura ini berjarak 59 km dan bisa ditempuh dalam waktu 2,5 jam. Kompleks pura ini terdiri dari satu pura pusat dan 18 pura pendamping.

2. Pura Luhur Uluwatu

Pura Uluwatu
Pura ini memiliki lokasi yang sangat indah. Pura Luhur Uluwatu berdiri diatas tebing yang menjorok ke laut. Di kawasan pura ini dihuni oleh kawanan kera yang menjaga pura ini. Untuk masuk ke area pura, pengunjung harus menggunakan sarung dan selempang yang bisa disewa di sekitar lokasi. Selain pura, sobat bisa menikmati keindahan pantai Uluwatu yang sering digunakan sebagai lokasi surfing.

3. Pura Luhur Tanah Lot

Pura Tanah Lot
Siapa yang tak kenal dengan Tanah Lot. Sebagian besar agen wisata pasti memasukkan Tanah Lot sebagai tujuan wisatanya. Tanah Lot terkenal akan pura yang berdiri kokoh diatas karang yang ada di tepi pantai. Pura ini sering dijadikan objek foto oleh para wisatawan. Dari kota Denpasar, pura Tanah Lot bisa ditempuh dalam waktu 1 jam.

4. Pura Ulun Danu

Pura Ulun Danu
Pura Ulun Danu terletak di Kabupaten Tabanan, Bali sekitar 55 km dari Kota Denpasar. Pura ini sangat terkenal karena ada di pada gambar uang kertas rupiah pecahan 50 ribu. Pura ini berada di tepi danau Beratan sehingga membuat pemandangan di pura ini begitu indah.

5. Pura Taman Ayun

Pura Taman Ayun
Pura Taman Ayun terletak di Kabupaten Badung, 18 km dari Kuta. Pura Taman Ayun merupakan salah satu peninggalan Kerajaan Mengwi. Kompleks pura ini memiliki luas 100 x 250 meter dengan dikelilingi oleh sungai buatan di bagian luarnya. Tiket masuk ke area pura ini sebesar Rp 4.000/orang.

6. Pura Lempuyang

Pura Lempuyang
Pura Lempuyang terletak di puncak bukit Bisbis atau Gunung Lempuyang. Pura ini disinyalir merupakan salah satu pura tertua di Bali yang sudah ada sejak jaman pra Hindu-Budha. Pura Lempuyang merupakan istana Hyang Gni Jaya atau Dewa Iswara.

7. Pura Goa Lawah

Pura Goa Lawah
Pura Goa Lawah terletak di Kabupaten Klungkung sekitar 49 kilometer dari Kota Denpasar. Lawah dalam bahasa Jawa berarti Kelelawar, karena di goa ini dihuni oleh ribuan kelelawar sehingga dinamakan Goa Lawah. Pura Goa Lawah termasuk sebagai Kahyangan Jagad atau Sad Kahyangan.


Blog, Updated at: 11:28 AM

2 comments:

  1. Yang namanya Bali memang gak pernah habis untuk dibahas. Perjalanan ke Bali sudah menjadi impian untuk hampir semua orang yang pernah mendengar namanya.
    Tidak seperti tempat lain yang harus mengeluarkan biaya besar, berwisata ke Bali dapat dilakukan dengan nyaman dan murah.

    ReplyDelete
  2. betul gan...i like your comment....

    ReplyDelete

Artikel Terbaru

Advertisement

Google+ Followers

Arsip Blog