Pesona Pantai Pangi, Blitar

Pesona Pantai Pangi, Blitar

Wisata Pantai Pangi, Blitar. Pantai indah ini berjarak sekitar 40 kilometer dari pusat kota Blitar dan bisa ditempuh selama 1,5 jam perjalanan. Di pintu masuk Pantai Pangi tepatnya di Dusun Krajan, Desa Tumpakkepuh ini semua kendaraan harus berhenti.

Perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki sekitar 200 meter. Setiap pengunjung tidak perlu membayar tiket atau biaya retribusi untuk memasuki kawasan pantai ini. Di sana hanya ada warga sekitar yang mendirikan gubuk-gubuk kecil yang disulap menjadi tempat parkir kendaraan dan beberapa warung. Terkadang, selain disinggahi pengunjung, warung itu juga dipakai nelayan lokal untuk melepas lelah.

Jalan setapak menuju pantai masih berupa hamparan tanah. Di kanan kiri terdapat ladang-ladang yang ditanami tebu ataupun jagung. Sekitar 10 meter dari tempat parkir, terdapat sungai muara yang melintang memutus jalan. 

pantai pangi blitar
Pantai Pangi
Tidak ada jembatan untuk menyeberangi sungai itu. Namun kondisi sungai yang tidak terlalu lebar, hanya sekitar 10 meter, dan arusnya yang tenang, membuat setiap orang tidak kesusahan melintasinya. Selain itu, di sana ada pula bebatuan yang sengaja ditata menyerupai jalan untuk jalur penghubung tepian sungai.

pantai indah di blitar
Pantai Pangi
Setelah melibas hadangan sungai, pengunjung akan melewati hamparan ladang jagung yang luas. Jika musim kemarau tiba, kadangkala warga sekitar menanaminya dengan tebu. Aroma pantai semakin dekat. Hembusan angin samudera menderu-deru di telinga. Akhirnya sampai juga di pasir pantai kecokelatan yang bersih.

Kondisi geologis Pantai Pangi terbilang unik. Bentuknya mirip cekungan. Garis pantai sepanjang lebih kurang 1 kilometer menjorok ke daratan. Di kanan dan kirinya terdapat bukit dan tebing tinggi yang mengelilingi pantai tersebut. 

pantai pangi
Jalan Setapak
Meskipun berhadapan langsung dengan Samudera Hindia, namun bukit-bukit itu menjadi tembok alami yang memecah ganasnya ombak laut lepas. Hal ini membuat ombak Pantai Pangi bergulung rendah. Debur lirih ombak Pangi yang bersinergi dengan sinar matahari pagi merupakan perpaduan alam yang menenangkan.

Pada waktu pagi hari, belum banyak pengunjung yang singgah. Di sana hanya ada nelayan yang sedang bergotong-royong menyiapkan jala untuk melaut. Selain itu, ada pula nelayan yang baru saja pulang dari melaut.

Pantai yang terletak di sebelah barat Pantai Tambak Rejo ini juga mempunyai kondang atau telaga air payau. Di sana pengunjung dapat berendam atau sekadar membersihkan badan dari pasir pantai yang melekat di tubuh. Namun pengunjung harus hati-hati, sebab telaga ini memiliki kedalaman yang berbeda-beda dengan tanah berlumpur.




7 comments:

  1. Pantainnya masih perawan. Belum ada gedung disekitanya.

    ReplyDelete
  2. Wah, masih hijau banget ya pantai dan sekitarnya! Kalau bertamasya ke sana, pasti sejuk banget. Terimakasih sudah berbagi sobat, bisa jadi rekomendasi untuk jalan-jalan nih pantai nya. :)

    ReplyDelete
  3. wah cantik bgt pantainya,,sayang kemaren pas sy ke malang tdk berkunjung

    ReplyDelete
  4. nice n beautifull ms brow,,,mksh info'a

    ReplyDelete
  5. Pantainya masih bersih banget ya...

    ReplyDelete
  6. indah banget pemandangannya....

    ReplyDelete

Contact Us

Name

Email *

Message *

Arsip Blog