Air Terjun Tirta Rimba, Bau Bau

11:24 PM
Air Terjun Tirta Rimba. Bagi penduduk Bau - Bau, air terjun yang satu ini biasa mereka sebut Air Jatuh. Karena letaknya yang tak jauh dari kota Bau - Bau sekitar 4 kilometer, membuat Air Terjun Tirta Rimba ini menjadi air terjun yang paling populer disana.

Air Terjun Tirta Rimba terletak di Kelurahan Lakologou, Kecamatan Wolio, Bau-Bau, Pulau Buton, Sulawesi Tenggara. Untuk menuju lokasi air terjun,pengunjung bisa menggunakan kendaraan sendiri ataupun naik taksi dengan waktu tempuh gak sampai 30 menit dari kota Bau - Bau.

air terjun tirta rimba
Ramai
Bagi pengunjung yang berasal dari luar Bau - Bau, bisa menggunakan pesawat atau kapal Pelni yang akan bersandar di Pelabuhan Murhum, Bau - Bau.

Air terjun ini merupakan aliran sungai Kokalukuna yang memiliki ketinggian sekitar 6 meter. Meskipun hanya setinggi itu, namun keindahannya tidak kalah dengan air terjun lainnya. Dengan lebar sekitar 5 meter, air terjun ini seperti mengalir melalui batu besar yang ada disana.

air terjun tirta rimba
Kolam
Di batu besar tersebut terdapat semacam rongga yang biasanya dijadikan sebagai objek foto oleh pengunjung. Di bawah batu besar terdapat kolam berukuran sekitar 10x7 meter yang sengaja dibentuk dan dilengkapi dengan papan tempat seluncur seperti kolam renang pada umumnya.

Pada hari biasa, air terjun ini relatif sepi, namun saat hari libur, banyak pengunjung yang datang ke lokasi wisata ini bersama pasangan atau putra-putrinya. Waktu terbaik untuk berlibur ke air terjun ini adalah saat musim penghujan karena pada saat itu debit airnya melimpah.

Untuk menuju lokasi air terjun ini, pengunjung tidak dikenakan tarif sepeserpun, namun kadang kala, ada pihak dari Dispenda atau dari Dinas Kehutanan yang menarik tarif masuk, namun dengan nominal yang tidak besar.

Jangan lupa membawa perbekalan sendiri seperti makanan dan minuman karena di lokasi air terjun tidak ada warung penjual makanan atau minuman.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

2 comments

indah banget gan, kayaknya si agan jalan-jalan terus ne, motretin pariwisata. heee
good luck gan.

english.sambudy.com

Balas

keindahan yang sempurna, keren air terjunnya di dasari dengan batu alam...

Balas