Legenda Danau Toba - Cerita, Asal Usul, Dongeng

8:03 PM
Legenda Danau Toba. Kali ini Bali Backpacker akan membahas tentang sebuah wisata alam di Sumatera Utara yang terkenal sampai ke luar negeri, yaitu Danau Toba. Tidak membahas tentang keindahan alamnya namun kali ini kita akan membahas tentang legenda atau dongeng seputar Danau Toba tersebut.

Diceritakan pada jaman dahulu kala di sebuah desa kecil tinggal seorang petani bernama Toba. Toba merupakan seorang petani yang sangat rajin meskipun lahan pertaniannya tidak begitu luas dan kondisi tanahnya yang cukup kering.

Selain bekerja sebagai petani, Toba juga mencari nafkah dengan menangkap ikan dengan cara memancing ataupun menjaring. Hingga pada suatu hari petani sederhana ini pergi untuk mencari ikan. Ditunggu sampai setengah hari, tidak ada satu ikan pun yang dia dapat. 

legenda danau toba
Danau Toba dan Pulau Samosir
Karena hari sudah mulai gelap, Toba memutuskan untuk pulang. Sesaat sebelum meninggalkan tempat tersebut, kali pancing milik Toba bergoyang - goyang, segeralah ditariknya kail tersebut dan ternyata seekor ikan besar yang berwarna kuning keemasan sudah berada di ujung kail pancing miliknya, Toba pun membawanya pulang ke rumah.

Sampai di rumah, saat ikan tersebut masih dalam pegangan tangan Toba tiba-tiba ikan besar tersebut berbicara kepada petani tersebut dan sontak membuat dia terkejut bukan kepalang.

"Tunggu, aku jangan dimakan! aku akan menemanimu bila kamu tidak memakanku" ucap si ikan tersebut.

Karena terkejut, ikan tersebut jatuh ke tanah dan seketika itu berubah wujud menjadi seorang gadis yang cantik jelita.

"Sedang mimpikah aku" gumam Toba.

"Jangan takut pak, aku juga manusia seperti engkau. Aku sangat berhutang budi padamu karena telah menyelamatkanku dari kutukan Dewata" ucap gadis tersebut.

"Namaku Puteri dan aku tidak keberatan untuk menjadi istrimu" kata gadis itu seakan mendesak Toba

Toba pun mengiyakan, maka sejak itu jadilah mereka berdua menjadi suami isteri. Namun pernikahan tersebut mempunyai satu syarat yaitu mereka berdua, terutama Toba tidak boleh membocorkan rahasia tentang asal usul Puteri yang seekor ikan. Jika syarat tersebut dilanggar maka akan terjadi bencana yang dahsyat.

Pernikahan kedua insan ini terdengar juga oleh penduduk desa lainnya, dan berita tersebut membuat gempar desa tersebut karena kecantikan yang dimiliki oleh Puteri yang laksana bidadari yang turun dari kahyangan. Toba dan Puteri hidup bahagia dan mencari nafkah seperti biasa yaitu bertani dan mencari ikan.

Melihat kehidupan mereka yang bahagia, banyak orang yang menyebarkan fitnah untuk menjatuhkan keberhasilan usaha petani tersebut. 

"Aku tahu pasti petani itu memelihara makhlus halus" kata seseorang pada temannya.

Berbagi fitnah dan cibiran menemani perjalanan hidup sepasang suami istri ini, namun semua itu tidak mereka hiraukan, hingga pada akhirnya istri toba melahirkan seorang bayi laki-laki yang sehat dan diberi nama Putera. Kehidupan mereka pun makin bahagia dengan hadirnya buah hati tersebut.

Seiring berjalannya waktu, Putera tumbuh menjadi anak yang sehat dan kuat, namun yang selalu membuat heran kedua orangtuanya adalah sang anak selalu merasa lapar. Makanan yang harusnya bisa dimakan bertiga, dapat dimakannya seorang diri.

Lama kelamaan, Putera menjadi anak yang agak nakal. Dia sering membuat jengkel ayahnya. Bila disuruh membantu pekerjaan orang tua, Putera selalu menolak. Namun sang istri selalu mengingatkan Toba agar selalu sabar dengan ulah anak mereka.

"Baiklah, aku akan lebih sabar menghadapinya, bagaimana pun juga dia adalah anak kita" ucap Toba pada istrinya.

"Syukurlah ayah berpikir demikian, memang ayah seorang suami dan ayah yang baik hati" puji istri toba

Namun kesabaran Toba ada batasnya. Suatu hari, Putera disuruh mengantarkan makanan ke sawah untuk ayahnya, Putera tidak menurutinya dan hal itu membuat sang ayah marah. Toba pun pulang dan mendapati anaknya sedang bermain bola. Seketika itu Toba menjewer telinga Putera dan tanpa sadar berucap :

"Anak tak tahu diuntung! tak tahu diri ! dasar anak ikan!" umpat Toba pada anaknya tersebut

Putera pun berlari sambil menangis menuju Puteri, ibunya. Diceritakannya semua kejadian yang dilakukan oleh ayahnya pada sang ibu. Puteri pun sangat sedih karena sang suami telah melanggar sumpah atau larangan tersebut.

Sang ibu pun menyuruh Putera agar segera pergi menuju bukit yang berada tidak jauh dari rumahnya dan disuruhnya untuk memanjat pohon tertinggi di puncak bukit tersebut. Putera pun menuruti perintah sang ibu meskipun dia tidak tahu apa tujuannya.

Puteri sendiri berlari menuju sungai yang terletak di dekat rumahnya dan menceburkan diri ke dalam sungai dan seketika itu berubah kembali menjadi seekor ikan besar. Sesaat kemudian kilat menyambar-nyambar disertai dengan bunyi guntur yang bergemuruh.

Seketika itu juga terjadilah hujan yang sangat lebat dan air sungainya pun meluap menyebabkan banjir besar yang mengakibatkan petani tersebut mati tenggelam. Dan beberapa waktu kemudian menenggelamkan desa tempat dimana Toba tinggal dan lama kelamaan genangan air tersebut semakin luas dan berubah menjadi danau yang amat besar yang kemudian dinamakan Danau Toba.

Sedangkan bukit yang didaki oleh Putera tadi berubah menjadi pulau kecil yang berada di tengah-tengah danau dan dinamakan Pulau Samosir.

Demikian legenda dan dongeng tentang Danau Toba, semoga menjadi postingan yang bermanfaat dan menghibur bagi yang membaca.

*Diambil dari beberapa sumber.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

13 comments

sama2 sob, terima kasih sudah membaca legenda danau toba...

Balas

ternyata danau toba ada legendanya ya gan...

Balas

iya sob legenda danau toba ini memang menarik...

Balas

ini hanya sebuah legenda, tidak lebih! my opinion

Balas

bener sob, ini hanya legenda tentang danau toba saja, trims kunjungannya...

Balas

Menarik untuk di jadikan cerita buat anak-anak, sekaligus menambah pwngetahuan tentang budaya Indonesia!

Balas

boleh juga idenya sob, legenda danau toba ini cocok untuk diceritakan ke anak-anak sambil memperkenalkan wisata indonesia..

Balas

wah kebetulan saya ada tugas sekolah, sangat membantu mas :)

Balas

ceritanya ada beberapa versi ya ,gan ?

Balas