Liburan ke Bali Naik Motor part.I

Liburan ke Bali Naik Motor part.I

Naik motor ke Bali???.Sebenarnya aku gak terlalu sering ke Bali.Aku ke Bali naik motor sudah 2 kali dari 4 kali kesana. Menurutku liburan ke Bali naik motor sangatlah mengasyikkan dan penuh tantangan.Kebetulan kotaku gak jauh-jauh amat dari Bali yaitu sekitar 500 km dari kota Denpasar,yupz Surabaya my town.
Terakhir aku ke Bali waktu Lebaran tahun 2011.Aku berangkat dari Surabaya pk.04.30 WIB.

Hari pertama:

Bangun pagi jam 03.00,langsung sarapan mie instant yang disiapin istri saya.Cek perlengkapan dan kondisi motor setelah itu berdoa.Saran saya bila anda akan berangkat pagi sekali ada baiknya segala perlengkapan disiapkan malam harinya misal: motor diperiksa kondisi ban, rem, lampu dan sebaiknya bensin diisi full waktu malam sebelum berangkat sehingga pagi harinya langsung bisa berangkat.

Kami berhenti di kota Pasuruan setelah kurang lebih 1,5 jam perjalanan tepatnya di perlintasan rel KA.Berhenti 30 menit perjalanan kami lanjutkan kembali,sekitar pk.09.00 WIB kami sudah sampai di Paiton, Situbondo kami pun istirahat kebetulan didaerah itu banyak sekali warung yang menyediakan segala jenis makanan dan memang tempat tersebut salah satu tempat favorit untuk beristirahat setelah perjalanan jauh.


Satu jam kami rasa cukup untuk melepas lelah perjalanan kami lanjutkan kembali tidak lupa kami isi bahan bakar motor di POM bensin yang terdapat di sepanjang jalan.Pk.11.00 kami berhenti di Pasir Putih, Situbondo sambil foto-foto.Air lautnya bening banget lain sama yang ada di Surabaya.Setelah puas berfoto ria perjalanan dilanjutkan lagi.

Satu jam perjalanan kami akan memasuki Taman Nasional Baluran,saran saya sebelum masuk Taman tersebut pastikan dulu bahwa bahan bakar di motor anda cukup karena Taman Nasional tersebut cukup besar dan tidak ada orang yang berjualan disana baik makanan maupun bensin yang ada hanya pepohonan di kanan kiri jalan.

Akhirnya keluar juga dari hutan yang cukup seram tersebut,tak terasa akan sampai ke pelabuhan Ketapang, Banyuwangi.Tiket untuk naik ke kapal penyeberangan tersebut Rp.16.000 (u/motor + 2 penumpang).Tidak menunggu lama kapal kemudian berangkat.


Di samping kapal banyak penyelam baik orangtua maupun anak-anak yang menunggu para penumpang untuk melemparkan uang koin ke laut untuk diperebutkan.Kurang lebih 1 jam akhirnya sampai juga di pelabuhan Gilimanuk, Bali tapi perjalanan masih separuh ,masih jauh untuk sampai tujuan yaitu Denpasar.

Turun dari kapal ada pemeriksaan surat-surat kendaraan.Kebetulan SIM saya masa berlakunya sudah habis jadi kena deh!.daripada tilang akhirnya saya "titip" uang Rp.20.000 ke Pak polisi,dan perjalanan dilanjutkan kembali meskipun menyisakan rasa dongkol di hati.

Pukul 14.00 WITA usai turun dari kapal kami langsung tancap gas takut kemalaman untuk cari penginapan.Perjalanan setelah turun dari kapal saya rasakan cukup melelahkan karena jalan yang kami tempuh naik turun sehingga menguras tenaga lebih.Di tengah perjalanan kami dihentikan oleh pak polisi lagi tapi kali ini bukan pemeriksaan melainkan ada upacara adat yang diadakan masyarakat Bali yang mengharuskan pengguna jalan agar berhenti sejenak.Setelah itu terlewati kamipun tancap gas kembali.

Sekitar 4 jam perjalanan dari pelabuhan Gilimanuk akhirnya kami sampai juga di Denpasar.Kami langsung keliling-keliling mencari hotel yang murah,tapi tak semudah yang kami bayangkan.Setelah 2 jam kami cari belum dapat juga akhirnya perut kami keroncongan,kami pun mengisi perut dulu di jl.Imam Bonjol kebetulan ada sebuah warung jawa yang menjual Nasi Lele Penyet kesukaan saya.

Setelah kenyang makan Lele Penyet yang harganya lumayan murah Rp18.000/2 orang ,perjalanan mencari penginapan pun kami lanjutkan dan alhamdullilah pada pk.21.00 akhirnya kami dapat yaitu di hotel Viking yang ada di Jl.Diponegoro Denpasar.

Rencana awal, saya pengen jalan-jalan usai dapat hotel ternyata kondisi fisik tidak memungkinkan akhirnya saya beserta istri langsung istirahat untuk mengisi tenaga buat besok....(bersambung di part.II)



1 comments:

Contact Us

Name

Email *

Message *

Arsip Blog