Ngarai Sianok, Lembah Menakjubkan Di Sumatera Barat

Ngarai Sianok, Lembah Menakjubkan Di Sumatera Barat

Ngarai Sianok. Bila sobat berkunjung ke Kota Bukittinggi atau ke Propinsi Sumatera Barat, jangan lupa untuk mengunjungi tempat yang satu ini. Ngarai Sianok merupakan sebuah lembah curam yang membentang sepanjang 15 kilometer dari ngarai Koto Gadang sampai ke Sianok Anam Suku dan berakhir di Kecamatan Palupuh. Ngarai Sianok merupakan salah satu objek wisata andalan Propinsi Sumatera Barat.

Lembah yang memiliki lebar 200 meter dan kedalaman jurang 100 meter ini berada di perbatasan kota Bukittinggi, Kecamatan IV Koto, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Panorama lembah ini tidak diragukan lagi keindahannya. Setiap orang yang berkunjung ke objek wisata yang satu ini pasti akan merasa takjub dan tercengang akan keindahannya yang eksotis.

Ngarai Sianok
Untuk menikmati keindahan Ngarai Sianok, pengunjung bisa menyaksikannya dari Taman Panorama yang sengaja dibangun oleh pemerintah untuk memudahkan wisatawan menikmati kemegahan Ngarai Sianok. Taman ini sangat asri dan luas dengan udara sejuk khas pegunungan, membuat siapa saja betah berlama-lama disini. Di taman ini juga terdapat Lubang atau terowongan Jepang yang terkenal itu.

Lubang Jepang
Untuk masuk ke Taman Panorama, pengunjung dikenakan biaya Rp 5.000 saja. Disekitar taman ini terdapat monyet-monyet jinak yang menghuni kawasan ini. Terdapat juga beberapa toko souvenir yang menjual beraneka oleh-oleh khas Bukittinggi seperti kaos, aksesoris hingga miniatur Jam Gadang. Jarak Taman Panorama dari Kota Bukittinggi hanya 1 kilometer saja.

Tebing Tandus
Dari Taman Panorama terlihat jelas kemegahan dari Ngarai Sianok tersebut. Disisi kiri terlihat tebing-tebing tandus dan hutan-hutan serta sungai kecil yang berkelok-kelok, di bagian kanan terdapat persawahan, jalan raya dan pemukiman penduduk. Di bagian atas terlihat sebuah gunung yang berselimut kabut.

Panjang
Dibawah Ngarai Sianok ini mengalir sungai Batang Sianok yang biasa digunakan oleh komunitas olahraga air "Qurays" untuk bermain kano dan kayak. Biasanya untuk mengarungi sungai ini membutuhkan waktu selama 3,5 jam. 

Jadi jangan pernah sobat lewatkan objek wisata yang satu ini bila sobat berkunjung ke Propinsi Sumatera Barat.




5 comments:

  1. pemandangan yang indah sekali, dan ada terowongan Jepangnya juga.. siip mas..!

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang indah banget mas, trims komennya ya...

      Delete
  2. bagus euy pngen main k sana jadi na,,

    kunjunga perda na ne sob
    kunjung balik yah

    folow jg dah sukses #161

    ReplyDelete
  3. ngunjungi itu lubang jepang kayaknya seru tuh ya gan..
    musti singgah nih kapan" kalo lewatin Sumbar ini, lembah ngarai sianok sih dah pernah singgahi..

    Trus itu sungai, ada arum jeramnya ga tu yah, selain kano sama kyaknya, lebh rame lebih seru soalnya.. pas teriak histeris gitu.. kayak yang di sungai ayu bali... brrrr.... hehehheh....


    Salam nge-triv om admin.. :D

    ReplyDelete

Contact Us

Name

Email *

Message *

Arsip Blog