Pantai Delegan. Bagi sobat yang berada di daerah Surabaya dan sekitarnya yang ingin menikmati pemandangan pantai bersama keluarga, tidak ada salahnya mencoba berlibur di pantai Delegan ini. Memang pantai ini tak seindah Pantai Kuta di Bali, namun pantai ini lebih indah dan layak dikunjungi daripada Pantai Kenjeran yang ada di Surabaya. Bukannya merendahkan pantai Kenjeran, tapi pantai di Surabaya itu tidak seindah waktu dulu saat saya masih kecil.

Kembali lagi ke Pantai Delegan. Pantai ini terletak di Desa Delegan, Kecamatan Panceng, Kabupaten Gresik, sekitar 40 km dari pusat Kota Gresik. Pantai ini selalu ramai dikunjungi saat akhir pekan atau hari libur, namun saat hari biasa, pengunjung di pantai ini relatif sepi.

Friend Pose Diatas Karang
Pantai ini membentang sepanjang 2,3 kilometer dengan hamparan pasir putih kecoklatan. Airnya berwarna hijau, namun saat ombaknya tidak terlalu besar, airnya lebih jernih. Pantai ini menjadi favorit para warga gresik maupun wisatawan yang sedang berlibur ke kota ini selain berziarah ke makam wali songo.

Lagi Pewe....
Di pantai ini pengunjung bisa berenang di pantai dengan menyewa ban sebagai pelampungnya. Harga sewa ban berkisar antara 3 ribu sampai 7 ribu rupiah sepuasnya. Bila ingin menguji adrenalin, sarana flying fox juga ada disini, tapi tidak tiap hari ada, biasanya pada akhir pekan atau hari libur, permainan flying foxnya dibuka. Persewaan kano disini juga ada. 

Pantai Delegan
Di tepi pantai banyak kios penjual makanan dan minuman, serta di sepanjang pinggir pantai ditumbuhi pohon-pohon waru sehingga membuat suasana pantai lebih teduh.

Lagi Berenang
Tiket masuk ke pantai Delegan waktu terakhir saya kesana bersama kawan-kawan sekitar Rp 5.000/orang ditambah biaya parkir kendaraan.

Sebenarnya bila pantai ini dikelola dengan baik, bukan tidak mungkin pengunjung di pantai ini akan meningkat. Beberapa tempat berteduh atau gazebo banyak yang tidak terawat, masih banyak terlihat sampah, dan masih banyak lagi. Semoga pemerintah daerah Gresik selaku pihak pengelola bisa membenahi sarana dan prasarana di pantai ini. Kalau pantai ini lebih ramai, perekonomian masyarakat sekitar juga ikut membaik kan!.

Tagged:

Comments
2 Comments

2 comments: