Air Terjun Grojogan Watu Jonggol. Wisata air terjun memang salah satu jenis objek wisata yang cukup digemari oleh masyarakat Indonesia khususnya bagi pecinta alam dan muda-mudi yang sedang kasmaran. Air terjun memberikan suasana yang sangat pas untuk menikmati ketenangan dengan panoramanya yang indah dan alam yang asri dan sejuk. 

Salah satu objek wisata air terjun yang bisa sobat kunjungi di kota yang kental dengan budaya Jawa-nya ini adalah air terjun Grojogan Watu Jonggol. Air terjun ini terletak di Dusun Ngglingo, Desa Pagerharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, sekitar 42 kilometer dari pusat Kota Yogyakarta. 

air terjun grojogan watu jonggol
Air Terjun Grojogan Watu Jonggol
Air terjun Grojogan Watu Jonggol berada di ketinggian 900 meter dpl. Air terjun setinggi 60 meter ini memang berada di daerah pegunungan sehingga suasana di sekitar air terjun begitu sejuk dengan dikelilingi oleh pohon-pohon lebat yang tumbuh subur disana.

Untuk menuju ke lokasi air terjun ini membutuhkan waktu sekitar 1,5 - 2 jam perjalanan. Dari Yogya, sobat bisa melalui jalan Godean terus jalan lurus sampai di Kali Progo. Sampai di perempatan Kenteng, sobat bisa ke arah kanan menuju ke perempatan Dekso.

air terjun grojogan watu jonggol
Indah
Dari perempatan Dekso, sobat ambil arah kiri, lalu lurus saja sampai melewati jalan yang sedikit tidak ramah dengan tanjakan yang berkelok-kelok dan kondisi jalan yang sedikit rusak. Perjalanan masih terus berlanjut sampai sobat menemukan petunjuk jalan menuju Desa Pagerharjo.

Sampai di Desa Pagerharjo, sobat jalan lurus saja sampai menemui pertigaan Plono. Sampai di pertigaan ini, sobat ambil arah kanan dengan kondisi jalan yang semakin menyempit dan menanjak. Dari sini perjalanan hanya membutuhkan waktu 10-15 menit ke lokasi air terjun.

Sampai di Dusun Ngglinggo, kendaraan bisa diparkir di rumah-rumah penduduk karena memang belum ada tempat parkir resmi. Setelah memarkir kendaraan, pengunjung harus berjalan kaki melalui jalan setapak menuju lokasi air terjun.

air terjun grojogan watu jonggol
Jembatan Bambu
Perjalanan menembus pepohonan lebat merupakan suatu pengalaman tersendiri meskipun memang membutuhkan kondisi yang prima dan sangat menguras tenaga, apalagi jalan yang licin dan banyak ditumbuhi oleh ilalang. Setelah sekitar 10-15 menit berjalan kaki dan melewati sebuah jembatan bambu, akhirnya sampai juga di lokasi air terjun Grojogan Watu Jonggol. 

Meskipun air terjun ini tidak jauh berbeda dengan air terjun lainnya, namun keindahannya masih menjadi magnet bagi para wisatawan untuk mengunjunginya. Air terjun ini memiliki aliran air yang cukup deras dan di sebelah kanan kirinya terdapat bukit yang ditumbuhi oleh pepohonan yang lumayan lebat.

Biasanya pengunjung menikmati air terjun dengan bermain air atau mandi dibawah guyurannya yang sangat dingin dan segar. Nah, bila sobat berniat mengunjungi air terjun ini, harap membawa bekal yang cukup karena tidak ada pedagang di lokasi Air Terjun Grojogan Watu Jonggol.

Tagged:

Comments
2 Comments

2 comments:

  1. bisa jadi pilihan lokasi rekreasi nih!

    ReplyDelete
    Replies
    1. kesibukan blogging jadi gak punya waktu buat jalan-jalan...

      Delete