Objek Wisata Goa Maharani. Kondisi alam di Kabupaten Lamongan di Jawa Timur memang terkenal gersang dan tandus. Jarak sekali terlihat lahan persawahan disana yang ada hanyalah hamparan tambak ikan para warga. Namun dibalik itu semua, kabupaten di pesisir utara Pulau Jawa ini memiliki objek wisata yang sangat eksotik. Goa Maharani namanya.

Istana Maharani atau yang akrab disebut Goa Maharani ini berada di Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan, Jawa timur. Letaknya tidak jauh dari tempat rekreasi keluarga Wisata Bahari Lamongan (WBL)atau Tanjung Kodok.

goa maharani
Goa Maharani
Goa Maharani ini pertama kali ditemukan pada tahun 1992 oleh 6 orang penggali tanah yang dipimpin oleh Sunyoto, sang mandor. Malam sebelum ditemukan, istri sang mandor bermimpi melihat cahaya bunga­-bunga yang sangat indah penuh warna-warni yang dijaga oleh 2 ekor naga raksasa bermahkota.

goa maharani
Eksotis
Goa yang diresmikan sebagai objek wisata pada 10 Maret 1994 ini berada di kedalaman 25 meter dari permukaan tanah dengan rongga goa seluas 2500 meter persegi. Objek wisata ini selalu ramai dikunjungi karena letaknya yang strategis dekat dengan WBL.

Keindahan goa ini diakui oleh ahli pergoaan internasional. Keistimewaan goa ini adalah stalaktit dan stalagmit di dalam goa masih bisa tumbuh sepanjang 1 cm per 10 tahun. Bila terkena cahaya, stalaktit dan stalagmit tersebut akan memancarkan cahaya warna-warni yang sangat indah.

goa maharani
Pintu Masuk
Disamping memancarkan cahaya warna-warni, stalaktit dan stalagmit tersebut mempunyai bentuk yang sangat unik seperti mirip singgasana raja, bentuk hewan dan tumbuhan yang bersinar indah. Tidak hanya itu, ada juga yang bentuknya menyerupai alat kelamin pria yang biasa disebut Lingga Pratala, dan berbentuk mirip alat kelamin wanita disebut Yoni Pratiwi.

Bentuk-bentuk unik yang lain antara lain, meyerupai dinosaurus, kepala gajah, bunga mawar, pohon beringin dan bentuk-bentuk unik lainnya.

Selain keindahan panoramanya, Goa Maharani juga terkenal akan mitosnya. Salah satu contoh adalah mitos tentang Roro Ayu Mantili, putri dari kerajaan Madangkara yang sering menampakkan diri dalam goa. selain itu air yang berasal dari sumur yang terletak di tengah goa dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit termasuk penyakit gila.

goa maharani
Maharani Zoo
Goa Maharani ini buka setiap hari mulai pukul 08.30 sampai 17.00 WIB. Untuk tiket masuk sendiri sebesar Rp 20 ribu untuk hari biasa dan Rp 25 ribu untuk weekend. Dengan tiket itu kita tidak hanya bisa menikmati Goa Maharani yang eksotis namun juga berhak masuk di Maharani Zoo yang berada di kawasan wisata tersebut.

Tagged:

Comments
2 Comments

2 comments: