Kawah Putih, Objek Wisata Eksotis Di Bandung Selatan

10:04 AM
Objek Wisata Kawah Putih. Siapa yang tidak kenal dengan objek wisata yang satu ini. Kawah Putih merupakan tujuan wisata alam paling favorit di Kota Bandung maupun Jawa Barat. Saking indahnya, Kawah Putih sering dijadikan lokasi syuting film Indonesia salah satu contoh adalah film Heart dan The Butterfly. Tidak jarang juga calon pengantin membuat foto pre-wedding mereka dengan latar belakang Kawah Putih yang cantik ini.

Kawah Putih terletak di daerah Ciwidey, Bandung selatan. Jaraknya sekitar 48 kilometer dari pusat Kota Bandung dan bisa ditempuh selama 1,5 jam. Perjalanan menuju lokasi Kawah Putih ini sangat indah. Di sepanjang jalan mata kita akan dimanjakan dengan pemandangan perkebunan strawberry yang segar. Setelah itu kita akan memasuki hutan cagar alam dengan pohon-pohon besar yang rimbun, perjalanan yang sangat menyenangkan.

kawah putih
Ramai Pengunjung
Kawah Putih merupakan sebuah kawah yang terbentuk dari letusan Gunung Patuha pada abad ke-10 silam. Kawah hasil letusan tersebut akhirnya terisi dengan air hujan dan bereaksi dengan kandungan belerang yang ada di kawah tersebut sehingga menjadi seperti sekarang.

kawah putih
Kabut
Kawah Putih sendiri berada pada ketinggian sekitar 2.400 meter dpl, menjadikan suasana di objek wisata ini begitu sejuk dengan suhu antara 8 - 22 derajat Celcius. Pemandangan kawahnya pun begitu indah. Kadangkala dihiasi dengan kabut yang turun di atas kawah. Warna air pada kawah ini pada dasarnya berwarna putih tapi terkadang berubah warna menjadi hijau telur asin ataupun coklat muda.

kawah putih
Eksotis
Karena mengandung belerang yang sangat tinggi, pengunjung tidak diperkenankan untuk berenang, mandi, makan di area kawah dan agar tidak terlalu dekat dengan kawah dalam jangka waktu yang cukup lama. Disarankan memakai masker bila berada di dekat kawah. Bagi pengunjung yang tidak membawa, bisa membelinya dengan harga Rp 5 ribu di area wisata ini.

kawah putih
Menuruni Anak Tangga
Bila sobat berencana mengunjungi objek wisata Kawah Putih ini, sebaiknya membawa perlengkapan dokumentasi seperti kamera atau handphone, karena sangat disayangkan bila tidak mengabadikan momen indah berlatar belakang Kawah Putih yang eksotis ini.

Harga tiket masuk ke Kawah Putih sebesar Rp 15 ribu per orang untuk wisatawan lokal dan Rp 30 ribu untuk turis asing. Bagi sobat yang menggunakan mobil ke Kawah Putih ini harap menyiapkan dana lebih untuk ongkos parkir, karena untuk memarkir mobil di tempat parkir atas, ditarik tarif Rp 150 ribu, harga yang sangat mahal untuk sekadar biaya parkir.  

kawah putih
Mobil Pengantar
Sebenarnya disediakan tempat parkir yang murah di kawasan wisata ini, yaitu di dekat pintu masuk, namun jaraknya masih jauh sekitar 5-6 kilometer dari lokasi kawah. Bagi pengunjung yang menggunakan kendaraan umum, hanya bisa berhenti di depan pintu masuk dan dilanjutkan dengan naik mobil khusus yang disediakan disana dengan ongkos Rp 10 ribu per orang sampai di lokasi kawah.

Untuk menuju lokasi wisata Kawah Putih, dari Jakarta bisa melewati tol Cipularang kemudian keluar di pintu tol Kopo Bandung terus menuju Soreang hingga ke Ciwidey. Dari Ciwidey tepatnya di sebelah kiri jalan terdapat pintu gerbang menuju ke Kawah Putih. Objek wisata ini buka tiap hari mulai pukul 07.00 - 17.00 WIB. Bagaimana tertarik menghabiskan akhir pekan di Kawah Putih?.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

14 comments

wuiss, keren banget mas bro, kapan bisa k sna ya?

Balas

kalo kesana aku ikut sob....

Balas

waduh indah bener pemandangan bro kunjungan baliknya www.naufalthedarkness.blogspot.com

Balas

wisata kawah putih ini panoramanya sangat indah sob...

Balas

serius nih harga'a 15 rbu?

Balas

kawah putih memang jadi obyek wisata yang paling digemari gan ,,,

Balas

sejak nonton film butterfly, aku jadi nyariin ini. kalo dulu nggak tau apa namanya n' dimana tempatnya. sekalinya dibandung. :D
keren banget, next time kesana ah... ^_^
thank's info'a..

Balas

bawaq mtor tuh boleh apa ngga ke atas nya ? parkir diatas

Balas

Amazing , indah banget tuh...
wajib untuk di kinjungi nih ....

Balas

Long weekend ni mau ke bandung bsa info gak kendaraan umum yg ksna? Klo brsedia menunjukkan cara menuju ke sana info dong ke 081527985489. Tks

Balas

Kawah putih merupakan salah satu wisata alam terindah di Bandung, Jika boleh bertanya berapa KM ya jarak dari Bogor ke Kawah Putih. Terimakasih Sebelumnya

Balas

betul bro, kawah putih bener2 exotic...kereeenn, aku udah kesana.bawa jaket yaaa takut kedinginan. mau foto langsung jadi hanya 10 rb...tukang fotonya banyak n mantab.

Balas

tapi kagak ada 1 pun tukang kopi, 1 hal yang sangat di sayangkan.

Balas