Keunikan Pantai Ngobaran, Gunungkidul

Keunikan Pantai Ngobaran, Gunungkidul

Pantai Ngobaran, Gunungkidul. Kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta ini memang sangat unik. Di satu sisi, Gunungkidul dikenal sebagai daerah yang tandus, kering dan sering kekurangan air. Namun disisi lain, Gunungkidul menyimpan berjuta pesona keindahan pantainya yang eksotis, salah satunya adalah Pantai Ngobaran.

Secara umum kondisi Pantai Ngobaran masih alami. Hamparan pasir putih yang tersaji di tepi pantai, ditemani gulungan ombak dan deretan batu karang yang berjejer, serta rumput laut hijau (alga) yang menghiasi sebagian pantai membuat keunikan tersendiri pantai ini. Disini pengunjung bisa menjumpai puluhan binatang laut yang berada di sela-sela batu karang mulai landak laut, bintang laut maupun kerang.

Pantai Ngobaran, Gunungkidul
Pantai Ngobaran terletak di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul. Berjarak sekitar 65 kilometer dari Kota Yogyakarta. Membutuhkan waktu sekitar 2 jam untuk mencapai lokasi pantai ini bila dari Yogyakarta.

Alga
Pantai Ngobaran memiliki keunikan yang sangat khas dibanding pantai-pantai lain di Gunungkidul. Keunikan itu adalah terdapat sebuah pura yang berada diujung batu karang mirip dengan yang ada di Pulau Bali. Memasuki kawasan pantai pengunjung akan menjumpai prasasti yang disebelah kanan kirinya terdapat arca dan stupa.

Pura
Berjalan ke arah selatan dari letak prasasti, pengunjung bisa melihat sebuah pura yang aku sebutkan diatas. Di samping pura ini biasanya digunakan pengunjung untuk menyaksikan pemandangan laut lepas yang menakjubkan. Di dekat pura tersebut terdapat sebuah musholla berukuran 3 x 4 meter dan sebuah rumah joglo.

Laut Lepas
Setelah puas berkeliling kawasan pantai Ngobaran, saatnya mengisi perut. Salah satu kuliner khas yang dijual di warung-warung makan di sepanjang jalan menuju pantai ini adalah Landak Laut Goreng. Menu ini sangat terkenal di pantai Ngobaran, dan menurut warga setempat daging landak laut cukup kenyal dan rasanya lezat.

Tiket masuk ke pantai ini cukup murah yaitu Rp 3 ribu per orang dengan fasilitas yang masih seadanya yaitu kamar mandi, tempat parkir, musholla, dan warung makan.

Untuk menuju lokasi Pantai Ngobaran tidak terlalu sulit. Dari Yogyakarta telusuri jalan menuju Wonosari -->  Piyungan --> jalan mulai menanjak dan berkelok-kelok --> Tikungan Bokong Semar --> Hargodumilah --> Patuk --> Tikungan Irung Petruk --> Sambi Pitu --> Hutan Tleseh --> Lapangan Udara Gading --> Pertigaan Gading --> belok kanan ke arah Paliyan --> ke selatan menuju Trowono --> Pusdiklat TNI AD --> Hutan Sodong.

Dari hutan sodong ke Pasar Trowono --> Kelurahan Kanigoro terus ketemu pertigaan --> kalau ke kiri Pantai Ngrenehan, kanan Pantai Ngobaran. Akhirnya sampai juga di Pantai Ngobaran yang sebagian pantainya diselimuti oleh rumput laut hijau tersebut.




4 comments:

  1. bagus untuk lokasi foto-foto,,hehehe

    ReplyDelete
  2. Ada hotelnya nggak ya

    ReplyDelete
  3. Saya orng sby ne,mau tnya..tujuanku ke jogja itu ke malioboro borobudur sama panti ngobaran..nah itu enaknya pantai dulu apa ke borobudur dlu..mohon balasannya.tks

    ReplyDelete
  4. Saya asli surabaya ne..saya mau liburan ke jogja dng tujuan ke pantai ngobaran sama malioboro sama boro budur..nahh itu enaknya ke pantai dulu apa ke borobudur ua.mohon tanggapannya ya.tks

    ReplyDelete

Contact Us

Name

Email *

Message *

Arsip Blog