Wisata Pantai Sundak, Gunungkidul

Pantai Sundak, Gunungkidul. Saat ini bila sobat liburan di Yogyakarta jangan hanya berkeliling di kota gudeg itu saja. Tidak jauh dari pusat Kota Yogyakarta terdapat sebuah kabupaten dengan puluhan objek wisata pantai dengan panorama yang memuaskan. 

Gunungkidul, mungkin sudah banyak yang tahu bahwa kabupaten di Provinsi D.I.Yogyakarta ini memang memiliki deretan pantai yang sangat indah. Terdapat sedikitnya 10 pantai indah berada di pesisir selatan pulau Jawa di kabupaten ini. Salah satu pantai tersebut adalah Pantai Sundak.

pantai sundak
Pengunjung
Pantai Sundak berada di Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Lokasi Pantai Sundak ini berada tidak jauh dari Pantai Ngandong yang juga cantik panoramanya. Pantai Sundak memiliki pemandangan yang indah dengan pasir putih yang bersih dan air laut yang jernih.

pantai sundak
Pasir Putih
Saking jernihnya, karang-karang kecil yang berada di tepi pantai bisa terlihat jelas. Di sebelah kiri kanan pantai terdapat batu karang besar yang memisahkan pantai ini dengan pantai-pantai lainnya. Ombak di Pantai Sundak lumayan besar sehingga diharapkan tidak berenang sampai ke tengah laut demi keselamatan pengunjung.

Di sekitar pantai terdapat beberapa warung makan yang menyediakan beberapa menu masakan khas Yogya. Memang di sekitar pantai belum tersedia penginapan untuk bermalam, namun bila ingin menginap di pantai ini, pengunjung bisa mendirikan tenda di tepi pantai namun tetap harus menjaga kebersihan dan kelestarian pantai.

pantai sundak gunungkidul
Pantai Sundak, Gunungkidul
Nama Sundak sendiri berawal dari sebuah cerita atau kejadian di sekitar pantai tersebut. Dahulu terjadi perkelahian antara asu (anjing) dengan seekor landak di sebuah goa di sekitar pantai itu dan tak disangka di goa tersebut terdapat mata air tawar yang pada akhirnya digunakan oleh masyarakat sekitar untuk kehidupan sehari-hari, sehingga lahirlah nama Sundak.

Untuk menuju lokasi Pantai Sundak ini cukup mudah. Dari Yogyakarta bisa ditempuh selama 2 jam perjalanan dengan kondisi jalan yang mulus namun menanjak. Memang pemerintah daerah setempat sedang gencar-gencarnya mempromosikan Gunungkidul sebagai tujuan wisata setelah wisatawan berkunjung ke Yogyakarta. 

Share :

Facebook Twitter Google+

5 Responses to "Wisata Pantai Sundak, Gunungkidul"

  1. lumayan rame ya pantainya,,maaf mas bro dah jarang berkunjung, soalnya lagi sakit,,plus sibuk kuliah!

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak apa-apa sob, semoga lekas sembuh aja...terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel tentang pantai sundak gunungkidul...

      Delete
  2. bisa dijelaskan gk Transporotasi umum dari kota menuju pantai sundak? saya berencana kesananih
    *Salam Ransel

    ReplyDelete
  3. Manttapp...

    Hari minggu harus jalan ni ke pantai Sundak...:)

    ReplyDelete
  4. Salah satu tujuan nanti awal tahun 2014 adalah pantai sundak. selain itu juga gua pindul. gunung kidul im comming !! hahaha. makasih infonya mas !!

    ReplyDelete