Keindahan Pantai Siung, Gunungkidul Yogyakarta

Objek Wisata Pantai SiungGunungkidul, sebuah kabupaten di Provinsi D.I.Yogyakarta ini, akhir-akhir ini semakin dikenal keindahannya karena memiliki puluhan objek wisata dengan panorama yang mengagumkan. Kepopuleran Gunungkidul sebagai tujuan wisata tidak lepas dari informasi yang ada di dunia maya seperti ini.

Banyak sekali para traveller yang membagi pengalamannya lewat internet demi memberikan informasi tentang tempat wisata yang pernah dikunjunginya. Salah satu objek wisata di Gunungkidul yang tidak boleh sobat lewatkan adalah Pantai Siung.

Pantai Siung terletak di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul. Bila dari Yogyakarta, pantai ini bisa ditempuh dalam waktu 2 jam perjalanan dengan jarak tempuh 70 kilometer. Pantai ini merupakan pantai yang paling populer di Gunungkidul selain Pantai Indrayanti.

pantai siung gunungkidul
Pantai Siung
Menurut penduduk setempat, dinamakan Pantai Siung karena keberadaan batu karang raksasa yang terletak di sebelah barat dan timur pantai. Bila dilihat dari atas, batu karang ini menyerupai siung atau gigi taring. Sampai sekarang pun batu karang tersebut masih bisa dinikmati sebagai hiasan pantai yang indah ini.

pantai siung
Batu Karang
Soal keindahan, jangan ditanya lagi. Pantai yang terletak di pesisir pantai selatan Pulau Jawa ini memiliki pasir putih yang bersih dan air laut yang jernih. Di tepi pantainya terdapat rumah-rumah kayu yang bisa digunakan untuk bersantai dan bersandar sembari menikmati hembusan angin pantai yang hangat.

Lokasi Pantai Siung ini diapit oleh tebing-tebing tinggi yang digunakan oleh para pecinta alam sebagai lokasi panjat tebing. Terdapat sekitar 250 jalur panjat tebing di area ini. Jadi bila sobat berlibur di pantai ini, sobat bisa melihat aksi para climber dalam menaklukkan tebing curam disini.

pantai siung
Pengunjung Membersihkan Pantai Usai Berkemah
Selain itu, di sebelah timur pantai tidak jauh dari tebing tersebut terdapat area ground camp, yaitu untuk pengunjung yang ingin bermalam di pantai dengan mendirikan tenda. Disini pengunjung bisa menggelar acara api unggun namun harus tetap memperhatikan lingkungan dan tidak mengganggu habitat penyu seperti yang tertulis di papan peringatan disana.

Tidak jauh dari ground camp ini, terdapat sebuah rumah panggung yang terbuat dari kayu yang bisa digunakan untuk basecamp bila pengunjung tidak membawa tenda untuk bermalam. Biasanya bila malam datang, beberapa kera berekor panjang akan turun ke pantai untuk mencari makan. Pemandangan yang tak boleh sobat lewatkan.

pantai siung
Pengunjung
Untuk menikmati kesemuanya itu sobat hanya membayar tiket masuk pantai sebesar Rp 3 ribu per orang. Untuk menuju ke lokasi pantai ini memang tidak mudah. Jalur yang dilewati berupa tanjakan, turunan, belokan tajam namun kondisi jalan yang cukup baik. 

Jalur yang paling mudah adalah melalui Yogyakarta - Wonosari - Baron - Tepus. Sedangkan jalur lain yang bisa dilalui tapi sedikit menantang adalah Yogyakarta - Imogiri - Gunungkidul. Jalur kedua ini lebih berat karena kondisi jalan yang berlubang. Jadi tunggu apa lagi, segera berlibur ke Pantai Siung, Gunungkidul Yogyakarta.

Share :

Facebook Twitter Google+

9 Responses to "Keindahan Pantai Siung, Gunungkidul Yogyakarta"

  1. asli pingin banged nii ada di situ.. gmn sii cara gampang jadi backpecker?!?!? hiks.. cita2 saiia :(

    ReplyDelete
  2. wah kalo saya belum pernah kesitu sob, pernahnya ke pantai baron dulu.. :)

    ReplyDelete
  3. @miztia...trims komennya miz...
    @rizal....setuju sob, indah banget foto kedua ini..
    @belajar photoshop...jadi backpacker yang dibutuhkan adalah kemauan sob...
    @mas brams...kapan2 coba ke pantai siung ini sob..
    @tips & trik...trims kunjungannya sob...

    ReplyDelete
  4. Selamat pagi, INFORMASI yg disampaikan sangat MENARIK sekali, sehingga bisa MEMIKAT pengunjung dari luar Kota, atau pun MANCANEGARA

    Semoga SUKSES dan MAJU selalu.

    dari http://www.pembicarainternetmarketing.com/
    081 333 841183 (Telkomsel)

    ReplyDelete
  5. ternyata di gunung kidul banyak sekali ya tempat wisata yang keren'' ?.. hmm.. pengen jadi ke sana nih..

    ReplyDelete
  6. pantainya indah banget,apalagi kalau menyempatkan diri mendaki bukit yang ada di sebelah timur pantai...
    wow, bisa melihat pemandangan indah dari atas bukit...
    hehehe, salam kenal

    ReplyDelete