Curug Cipendok, Air Terjun Di Kaki Gunung Slamet

Ditulis oleh: -
Air Terjun Curug Cipendok. Tak bosan-bosannya aku membuat artikel tentang keindahan alam Indonesia. Kali ini yang aku posting adalah sebuah objek wisata berupa air terjun yang berada di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Nama air terjun ini adalah Curug Cipendok.

Membicarakan Curug Cipendok tidak lepas dari sejarah peperangan Pangeran Diponegoro pada tahun 1825 - 1830 melawan penjajah Belanda. Cerita tentang sejarah Curug Cipendok ini bisa dicari di situs Wikipedia, karena kali ini aku akan berbagi info tentang keindahan air terjun ini.

air terjun curug cipendok
Curug Cipendok
Curug Cipendok terletak di lereng Gunung Slamet di Desa Karang Tengah, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Air terjun ini masuk dalam wilayah Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Banyumas Timur. Lokasi curug ini berjarak sekitar 15 kilometer arah barat kota Purwokerto.

air terjun curug cipendok
Air Terjun Curug Cipendok
Air terjun yang dengan tinggi sekitar 92 meter ini, memiliki daya tarik tersendiri bagi para pengunjung, karena lingkungannya yang masih sangat asri dan benar-benar alami. Suasana di sekitar air terjun sangat pas untuk bersantai dan menghilangkan stres.

Selain panorama air terjunnya yang begitu megah dan mempesona, sepanjang jalan menuju lokasi ini juga memberikan pengalaman yang menyenangkan karena melewati hutan dan perkebunan. Sehingga meskipun berjalan kaki cukup jauh, badan tidak kan terasa capek.

Untuk fasilitas pendukung di lokasi air terjun sudah lumayan bagus. Tersedia tempat parkir, tempat istirahat, arena bermain anak-anak seperti ayunan dan kamar mandi. Di lokasi curug ini terdapat menara pandang yang dapat digunakan untuk melihat pemandangan kota Purwokerto apabila cuaca sedang cerah. Juga sepanjang jalan menuju lokasi, banyak warung yang menjajakan mendoan, susu murni dan makanan kecil.

air terjun curug cipendok
Telaga Pucung
Di sekitar lokasi air terjun juga terdapat cottage, bumi perkemahan, sarana outbound, jogging track, dan jungle track. Selain Curug Cipendok, pengunjung bisa mampir di Telaga Pucung yang letaknya tidak jauh dari bumi perkemahan.

Untuk menuju lokasi air terjun tidak terlalu sulit. Dari kota Purwokerto bisa melewati Jalan Jend. Sudirman ke arah alun-alun. Kemudian lurus menuju ke jalan raya Losari, jaraknya sekitar 7 km dari Purwokerto. Selanjutnya akan ditemui petunjuk jalan masuk ke curug yang keberadaannya di sebelah kiri jalan raya.

air terjun curug cipendok
Petunjuk Jalan
Petunjuk jalan tersebut berada di rambu lampu kuning berkedip di pertigaan jalan raya Cilongok. Dari pertigaan tersebut ambil arah ke kanan ke jalan raya Cilongok dengan jarak sekitar 8 km sampai pintu gerbang curug. Kondisi jalan ini  cukup berkelok-kelok dan menanjak, namun kondisi jalan sudah beraspal semua dan ada penunjuk jalannya.

Sampai pintu gerbang, perjalanan dilanjutkan sejauh 1 kilometer menuju tempat parkir. Dari area parkir, pengunjung harus berjalan kaki sejauh 500 meter untuk sampai di lokasi air terjun yang biasa ditempuh selama 15-20 menit. Untuk tiket masuknya sendiri Rp 6 ribu per orang. Tertarik untuk menikmati keindahan Air Terjun Curug Cipendok?.

2comments :