Pesona Air Terjun Tancak Di Jember

Pesona Air Terjun Tancak Di Jember

Objek Wisata Air Terjun Tancak. Jember adalah salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Timur. Meskipun hanya sebuah kota kecil, nama Jember sudah dikenal oleh dunia pariwisata internasional karena sebuah acara yang bertajuk Jember Fashion Carnival (JFC) yang secara rutin dilaksanakan setiap tahun. Selain JFC, Jember juga memiliki objek wisata alam seperti Pantai Papuma dan Air Terjun Tancak

Air Terjun Tancak merupakan salah satu tempat wisata yang diproyeksikan menjadi wisata andalan Kabupaten Jember. Letak air terjun ini berada di daerah perbukitan Tancak, Desa Suci, Kecamatan Panti, sekitar 16 kilometer arah barat daya kota Jember. Air terjun eksotis ini memang belum banyak diketahui oleh wisatawan, karena letaknya memang agak tersembunyi.

Air Terjun Tancak
Bila berkunjung ke air terjun ini, sobat harus menempuh perjalanan selama 30 menit dari pusat Kota Jember menuju ke Desa Suci. Sampai di desa ini sobat bisa memarkir kendaraan di rumah-rumah penduduk, dan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki sejauh 3 kilometer untuk mencapai lokasi air terjun.

Jalan Setapak
Meskipun perjalanan agak jauh, selama dalam perjalanan sobat akan disuguhi pemandangan yang sangat indah, serta dapat melihat para pemetik kopi yang ada di kebun-kebun kopi dilatar belakangi oleh Gunung Pasang.

Sesampainya di lokasi Air Terjun Tancak, sobat akan dibuat takjub oleh air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 80 meter. Rasa lelah dan penat selama perjalanan akan hilang seketika, saat sobat menikmati hembusan udara sejuk dan air terjun dengan kesegaran yang luar biasa.

Kolam Penampungan
Sobat bisa mandi dan berenang, serta menikmati pijatan alami air terjun di kolam penampungan air tepat berada di bawah air terjun. Bagi sobat yang akan berkunjung ke objek wisata ini disarankan datang pada musim kemarau, karena saat musim hujan kondisi  jalan menuju lokasi akan becek dan licin, serta banyak binatang lintah di sepanjang jalan, hal ini akan membahayakan pengunjung.

Rute yang bisa ditempuh untuk menuju lokasi air terjun ini adalah dari Tawang Alun (Jember) - Mangli (perempatan Mangli menuju ke utara atau belok ke kiri dari Tawang Alun sampai terlihat polsek Sukorambi ke kiri menuju Panti) - Kemiri - Gunung Pasang - Air Terjun Tancak.




2 comments:

  1. waaahh bagus ya,, tapi kebayang medan untuk menempuh sampai dasar air terjun kayaknya susah :D

    ReplyDelete
  2. asiikkk, liburan lebaran besok pasti kesanan :D
    bosen papuma n watu ulo terus

    ReplyDelete

Contact Us

Name

Email *

Message *

Arsip Blog