Wisata Air Terjun Curug Citambur. Tidak bosan-bosannya aku memposting objek wisata air terjun di Indonesia, karena memang di negeri ini kaya akan tempat wisata baik berupa pantai, gunung, danau, peninggalan sejarah, ataupun air terjun. Salah satu air terjun yang pantas dikunjungi dan termasuk dalam 10 air terjun tertinggi di Indonesia adalah Curug Citambur.

Air terjun atau Curug Citambur ini berada di Desa Karang Jaya, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Dinamakn Curug Citambur karena bunyi atau suara air terjun tersebut bila dari jauh terdengar seperti tambur atau gendang.

air terjun curug citambur
Curug Citambur
Bunyi gemuruh tersebut timbul karena jarak jatuhnya air yang sangat tinggi, karena memang curug ini memiliki ketinggian 100 meter. Bahkan ada yang mengatakan bahwa air terjun ini merupakan air terjun tertinggi di Provinsi Jawa Barat.

air terjun curug citambur
Tinggi
Dengan ketinggian seperti itu, secara otomatis hantaman ke tanah sangat keras, sehingga pengunjung tidak diharapkan berdiri di bawah pancuran air terjun tersebut. Biasanya pengunjung menikmati kesegaran ai terjun dengan bermain air di aliran sungai yang berada di bawah air terjun. 

Atau bagi yang tak ingin basah, bisa menikmati keindahan air terjun dari tepi ditemani suara kicauan burung liar dan hijaunya pohon-pohon yang tumbuh disekitar air terjun. Debit air terjun ini sangatlah besar sehingga suara yang dihasilkan begitu menggelegar dan menambah takjub akan kebesaran Tuhan YME.

air terjun curug citambur
Perkebunan Teh
Selain air terjunnya sendiri yang begitu indah, perjalanan menuju lokasi ini juga tak kalah menyenangkan, karena melewati perkebunan teh Rancabali yang sangat asri dan sejuk. Mata akan menjadi segar kembali begitu melihat hijaunya kebun teh yang menghampar luas.

air terjun curug citambur
Pintu Masuk
Untuk menuju ke lokasi air terjun ini tidak terlalu sulit. Dari Bandung, sobat ambil arah ke selatan menuju Kecamatan Ciwidey. Setelah sampai di perkebunan teh Rancabali, sobat akan menemukan sebuah pertigaan. Ambil arah ke kanan ke perkebunan teh Sinumbra. 

Dari perkebunan teh Sinumbra melewati Desa Cipelah hingga menuju ke Desa Karang Jaya. Pintu masuk menuju lokasi air terjun terletak tepat di depan kantor Desa Karang Jaya. Dari tempat parkir kendaraan, pengunjung harus berjalan kaki sepanjang puluhan meter saja menuju lokasi air terjun Curug Citambur ini. 

Tagged:

Comments
1 Comments

1 comment: