Wisata Taman Nasional Takabonerate, Sulawesi Selatan

8:36 AM
Taman Nasional Takabonerate terletak di Kecamatan Takabonerate, Kabupaten Kepulauan Selayar, Propinsi Sulawesi Selatan. Taman Nasional ini merupakan taman laut di Indonesia yang memiliki kawasan karang atol terbesar ketiga di dunia setelah Kwajifein di Kepulauan Marshall dan Suvadiva di Kepulauan Maladewa. Total luas atol di taman nasional ini adalah 220.000 hektar. Sangat membanggakan bukan!. 

Di Taman Nasional yang memiliki terumbu karang seluas 500 kilometer persegi ini meliputi 15 pulau cantik yang sangat cocok untuk wisata bawah laut seperti menyelam atau diving dan snorkeling karena pemandangan bawah lautnya yang begitu cantik dan indah. Salah satu spot terbaik untuk menyelam adalah di Pulau Tinanja.

Biota Laut Di Takabonerate
Topografi kawasan Takabonerate ini sangatlah unik dan menarik, disini atol yang terdiri dari gugusan pulau-pulau gosong karang dan rataan terumbu yang luas dan tenggelam, membentuk pulau-pulau dengan jumlah yang cukup banyak. Diantara pulau-pulau gosong karang tersebut, terdapat selat-selat sempit yang dalam dan terjal.

Pulau Tinabo Di Takabonerate
Sedangkan bagian permukaan rataan terumbu, banyak terdapat kolam-kolam kecil dengan kedalaman air yang lumayan dan dikelilingi oleh terumbu karang. Pada saat air laut surut dan mencapai titik terendah, terlihat jelas daratan yang kering dan dihiasi genangan air yang membentuk cekungan atau kolam-kolam kecil.

Atol Di Taman Nasional Takabonerate
Di kawasan laut taman nasional ini terdapat 261 jenis terumbu karang dan 295 jenis ikan karang dan ikan konsumsi yang bernilai ekonomis tinggi seperti ikan kerapu, cakalang, ikan napoleon, ikan baronang dan lain-lain.

Disini wisatawan bisa mengikuti beberapa kegiatan pelestarian alam seperti transplantasi terumbu karang, pelepasan anak penyu, penanaman bibit pohon cemara dan lain-lain. Selain itu, setiap tahunnya di kawasan ini diadakan festival Sail Taka Bonerate untuk lebih menarik wisatawan agar berkunjung ke tempat ini.

Panorama Laut Di Takabonerate
Karena keindahan alamnya, Taman Nasional Takabonerate ini dicalonkan ke UNESCO untuk menjadi Situs Warisan Dunia sejak tahun 2005. Bila sobat ingin berlibur ke taman nasional ini, waktu terbaik adalah pada bulan April s/d Juni dan Oktober s/d Desember pada setiap tahunnya.

Untuk mencapai lokasi taman nasional ini bisa menggunakan angkutan umum dari Kota Makassar ke Bulukumba sekitar 153 km kemudian ke pelabuhan Pamatata yang bisa ditempuh selama 4 jam. Dari Pamatta dengan kapal ferry sekitar 2 jam, yang dilanjutkan ke Kota Benteng sekitar 1,5 jam. Dari Kota Benteng ke pulau terdekat yaitu Rajuni Kecil menggunakan kapal kayu sekitar lima jam. Bila beruntung sobat akan menjumpai kawanan lumba-lumba yang sedang bermain di perairan ini.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

4 comments

wah ternyata indah ya,,pdahal aku yg tinggal di sulsel gak pernah k sana,, hehehe

Balas

wah sobat dari jauh nih, salam persahabatan sob...

Balas

transport nya agak ribet yaaaa ??? dari bulu kumba ngak ada yg langsung yaaa ??? biaya nya kira2 sampai brp yaa ???

thanks

Balas

Sungguh indah sekali tapi jarak dari Makassar lumayan jauh juga ya...

Balas