Kalimantan Utara, Provinsi Termuda Di Indonesia Terbaru

Ditulis oleh: -
Provinsi Termuda Di Indonesia. Kalimantan Utara (Kaltara), mungkin rakyat Indonesia belum banyak yang tahu tentang provinsi ini. Memang Provinsi Kalimantan Utara ini memang masih baru dan menjadi provinsi termuda di Indonesia. Dengan adanya provinsi ini, maka Indonesia memiliki 34 provinsi yang tersebar dari Sabang sampai Merauke.

Provinsi Kalimantan Utara disahkan oleh pemerintah dalam sidang paripurna DPR pada tanggal 25 Oktober 2012. Ibukota provinsi ini adalah Tanjung Selor (Bulungan). Infrastruktur pemerintahan Kalimantan Utara masih dalam proses persiapan yang direncanakan akan berlangsung paling lama dalam 1 tahun.

Peta Provinsi Kalimantan Utara
Provinsi Kalimantan Utara yang terletak di bagian utara Pulau Kalimantan ini berbatasan langsung dengan negara bagian Sabah dan Sarawak, Malaysia Timur. Proses pemekaran Kalimantan Utara menjadi suatu provinsi terpisah dari Kalimantan Timur telah dimulai pada tahun 2000-an. Namun akhirnya pada tahun 2012  disetujui dalam rapat paripurna DPR.

Wilayah Kalimantan Utara dibagi menjadi 5 wilayah administrasi, yang terdiri dari 1 kota dan 4 kabupaten sebagai berikut :

  1. Kota Tarakan
  2. Kabupaten Bulungan
  3. Kabupaten Malinau
  4. Kabupaten Nunukan
  5. Kabupaten Tana Tidung

Seluruh wilayah diatas sebelumnya merupakan bagian dari wilayah Kalimantan Timur. Pembentukan provinsi Kalimantan Utara ini disambut gembira oleh masyarakat Kalimantan Utara sekarang maupun Kalimantan Timur. 

7comments :

  1. tambah provinsi berarti tambah pejabat lagi ni pemerintah indonesia...

    ReplyDelete
  2. Saya baru tahu kalau sekarang ada Kalimantan Utara, makasih infonya sob

    ReplyDelete
  3. semoga propinsi termuda ini bisa maju dengan pesat.

    ReplyDelete
  4. Wah pengen mutasi nih. Mls di bapeten

    ReplyDelete
  5. Wah bisa mutasi gak ya... mls di bapeten

    ReplyDelete
  6. Wah pengen mutasi nih. Mls di bapeten

    ReplyDelete
  7. Selamat kepada Kalimantan Utara sebagai provinsi termuda di Indonesia (sebenarnya telat sih kan terbentuknya tahun 2012, tapi tak masalah karena lebih baik daripada tidak sama sekali). Mudah-mudahan dengan terbentuknya provinsi Kaltara ini menjadi provinsi yang maju dengan aparat pemerintahan yang bersih dan masyarakat yang makmur dan sejahtera serta senantiasa berkontribusi positif terhadap pembangunan Indonesia yang lebih baik.

    ReplyDelete